Kampusku Rumahku, Gerbang Depan Tempat Parkirku…

ini gambar loh...

 

Berita Cerita Hangat dari Kampus…

 

Selebaran ini tertempel di dinding toilet labtek V di kampus. Statement yang menggelitik namun mengena. Selebaran ini bukan hanya ada satu di toilet ini, ada di setiap dinding di atas urinary. Mau tahu kenapa ada selebaran-selebaran seperti ini di kampus? Begini ceritanya..

 

Pada akhir mei, setiap himpunan dan orang-orang yang masuk kampus menggunakan mobil melalui gerbang ganesha, diberikan surat edaran, yang berisi kurang lebihnya seperti ini. Karena saya sendiri tidak hafal benar-benar isi surat itu.

 

Pengaturan lalu lintas di dalam kampus

1.       Untuk jam 6.00 – 18.00, mobil pegawai ITB atau tamu ITB dapat masuk melalui gerbang selatan (gerbang ganesha), dengan memakai KIP (sepertinya kepanjangannya Kartu Induk Pegawai) dan melalui gerbang utara (gerbang belakang). Motor pegawai ITB atau tamu ITB dapat masuk melalui pintu motor yang berada di samping FTSL (gerbang yang baru dibuat dan khusus untuk motor).

2.       Untuk jam 18.00 – 6.00, kalau tidak salah sama seperti aturan di atas, tetapi gerbang belakang tidak dibuka. CMIIW

 

Nah, bagian paling krusialnya adalah untuk kendaraan bermotor mahasiswa atau tidak memiliki KIP atau bukan tamu ITB.

 

24 Jam 7 hari seminggu kendaraan tersebut di atas tidak boleh masuk kampus, disediakan kantung parkir timur (parkiran SR), kantung parkir barat (parkiran Sipil), dan kantung parkir utara (parkiran belakang) yang dapat digunakan.

 

Belum cukup sampai di situ, untuk pengaturan parkir di tiga tempat parkir kampus ini juga ada jam-jamnya.

1.       Kantung parkir barat dan utara (parkiran Sipil dan Belakang), buka dari jam 6.00 – 18.00, dan pada pukul 18.00 – 06.00, kantung parkir ini ditutup. Tidak ada lalu lalang kendaraan yang masuk ataupun keluar pada pukul 18.00 – 06.00

2.       Setelah pukul 18.00, kendaraan-kendaraan ini dapat diparkir di kantung parkir timur (parkiran SR). Namun, kantung parkir ini akan ditutup mulai jam 22.00 sampai pukul 06.00. Ditutup artinya, pada jangka waktu ini, tidaka ada lalu lalang kendaraan yang masuk ataupun keluar.

3.       Semua kantung parkir ini TUTUP pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk itu, kendaraan-kendaraan ini dapat diparkir di depan Gerbang Depan (Gerbang Ganesha), di sepanjang jalan Ganesha, Gelap Nyawang dan parkiran Salman.

 

Pada saat itu, setelah saya membaca surat edaran yang berisi “kebijakan” (kebijakan kok ga bijak?) itu, kontan saya berpikir. Apa maksud dari diterbitkannya peraturan seperti ini.

 

Ada beberapa hal yang bisa saya analisis. Pertama, kita lihat sisi baiknya dulu, peraturan ini diterbitkan untuk mengakomodasi teknologi parkir baru yang diaplikasikan pada lalu lintas intern kampus. Jika dahulu hanya memakai kartu parkir yang diberikan oleh pak satpam, dengan asumsi, pukul 06.00-17.00, hanya mobil yang berstiker yang boleh masuk. Watak bangsa yang menurut saya (maaf) pemalas, dan ingin gampangnya saja, mendorong beberapa mahasiswa untuk memanipulasi stiker tersebut yang seharusnya diperuntukkan kepada pegawai, dosen, dan (kalau tidak salah, CMIIW)mahasiswa yang sedang mengerjakan TA. Sehingga pengaturan lalu lintas dengan kartu parkir dan stiker kurang efektif.

 

Sistem parkir yang baru menggunakan semacam KIP (kartu induk pegawai) magnetik, yang dapat digunakan untuk membuka palang otomatis gerbang-gerbang masuk di kampus, dengan cara menempelkan kartu tersebut di reader machine. Jika kartu tersebut dikenali, maka palang otomatis akan terbuka. Satpam yang biasanya menjaga di pos gerbang, hanya bertindak sebagai pengawas sistem baru ini. Dan mungkin menjaga alat-alat baru ini agar tidak terkena perbuatan vandalisme. Sistem ini sangat efektif, dimana tidak ada cara lain untuk memanipulasinya, kecuali orang yang membawa kendaraan dan ingin masuk kampus, mempunyai kartu magnetik itu.

 

Sebenarnya masih ada lagi sisi baik dari peraturan ini, seperti “dapat mencegah penambahan keinginan mahasiswa untuk membawa kendaraan bermotor, karena ketidakadaannya tempat parkir”, sampai “dapat membuat mahasiswa ITB sehat dengan berjalan 10.000 langkah setiap hari untuk mencegah osteoporosis”

 

Namun, ada juga sisi buruk dari peraturan ini. Untuk penanganan kasus perparkiran pada saat akhir minggu. Peraturan ini tidak memberi solusi kepada orang-orang yang tidak mempunyai kartu magnetik dan membawa kendaraan bermotor. Pada akhir minggu, kampus juga tertutup bagi kendaraan-kendaraan tersebut, dan tiga kantung parkir yang ada juga TIDAK dibuka. Sehingga pada akhir minggu pada minggu pertama pemberlakuan peraturan ini, gerbang depan (gerbang ganesha) penuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaraan roda dua yang mendominasi  “lahan parkir” ini.

 

Kasus lain adalah, pada minggu pertama pemberlakuan peraturan ini, ada beberapa kendaraan bermotor yang terpaksa “menginap” di kantung parkir yang ada, karena sudah mencapai waktu yang ditentukan untuk ditutup. Sampai-sampai kendaraan teman saya, yang merupakan anak rektor (teman saya yang merupakan anak rektor, bukan kendaraannya), juga terkurung akibat peraturan itu. Hehehehe….

 

Kesimpulan dari peraturan baru pengaturan lalu lintas intern kampus yang saya tarik adalah:

 

Tinjau kembali peraturan tersebut karena TIDAK SOLUTIF dan MERUGIKAN MAHASISWA. Apalagi mahasiswa yang sering pulang malam dan membawa kendaraan, terlebih karena ada beberapa mahasiswa dari program studi tertentu yang memang harus pulang malam dan membawa kendaraan untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya atau Tugas Akhir sampai malam hari.

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

One Response to Kampusku Rumahku, Gerbang Depan Tempat Parkirku…

  1. cinotbelenot says:

    jadi kita bener2 ga akan pernaj bisa masukin kendaraan kita sampai kapan pun yah? kecuali peraturan itu dicabut..

    jadi sedih.. jadi ngerasa tamu di rumah sendiri..

    : (

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: