Saya (memang) pengejar deadline.

[mungkin ini bisa jadi prekuel dari postingan ini]

Jumat, 13 Juli 2007.

Akhirnya, setelah hampir sebulan gw g ngerasa ada deadline apapun… Hari ini (Jumat) gw ngerasain lagi deadline tugas. Hehehehe…

Entah mengapa, walaupun gw dah berencana buat menyelesaikan tugas ini (Tugas IF-4061) tepat waktu, malah lebih awal, namun tetap saja rasa malas dan berpikir “masih ada besok” terus mengganggu. Walhasil, saya pun (tetap) menjadi seorang pengejar deadline.

Dari post sebelumnya,  saya ‘mengecam’ para deadliners. In fact, I am a deadliner, recently. T_T

Tugas ini memang udah di-assign dari seminggu lebih yang lalu, udah mulai terpikirkan apa aja yang bakal ada di dalamnya. Tugas kelompok kami adalah merencanakan Perangkat Lunak untuk sistem pengisian bahan bakar otomatis dengan menggunakan kartu kredit/debit untuk pembayaran.

Ide-ide sebenarnya sudah muncul dari saat kami memilih topik ini diantara topik tugas yang lainnya. Namun karena hawa liburan sangat dominan, maka realisasi dari tugas yang kami kerjakan pun tersendat. Pada saat kami mulai merancang use case diagram dan seterusnya, pada awalnya kami merasakan ngantuk yang parah. Hal ini terjadi karena malam sebelumnya saya begadang, karena kegandrungan browsing, hehehe…

Jujur saja, tugas ini kami kerjakan dalam 3 hari, hari pertama, perancangan use case dan class diagram. Jika dibandingkan dengan kelompok kami, kinerja kami memang lebih lambat dibanding yang lainnya, alasannya ya yang tadi saya sebutkan, ngantuk. ^^

Pada malam hari pertama, kami mulai mengerjakan sequence diagram, pekerjaan ini kami bagi-bagi bertiga, lalu satu orang lagi mengerjakan activity diagram. Satu orang lagi masih bebas-tugas.
Hari kedua, kami menyempurnakan sequence diagram yang kami buat dan menggabungkannya dengan activity diagram ke suatu berkas yang sesuai template. Lalu State Chart Diagram pun dibuat oleh satu-orang-yang-belum-kebagian-tugas.

Hari ketiga merupakan hari yang krusial, hari ini (Jumat) : Deadline pengumpulan tugas. Setelah kami menyempurnakan state chart,yang masih dalam bentuk scratch, setelah jumatan. Diagram yang telah didigitalisasi (saya membuat istilah baru) kami gabungkan  ke dalam berkas yang telah dibuat sebelumnya.

Deadline pengumpulan tugas adalah pukul 17.00. Sekarang sudah pukul 15.50, berkas sudah siap dicetak. Namun di himpunan, tempat kami mengerjakan tugas, tidak terdapat printer yang mumpuni [BRT, no offense ^^], maka berkas tersebut disetujui untuk dicetak di kosan saya, made dan jason,  serta iqbal. Tepatnya menggunakan printer made, dimana made telah ada di kosan itu sejak jam 1/2 3.

Saya pun langsung pergi dengan Satria saya ke kosan. Ada berita ‘baik’ yang memperkeruh suasana, flash disk fany yang rencananya digunakan untuk transfering data sudah terinfeksi dengan trojan, jadi kami tidak ingin virus itu menyebar kemana-mana, sedangkan file2 tersebut berada di FD dan Laptop fany yang sudah terinfeksi. Cara aman, kami kirim via email.

Tanpa membawa file apapun saya datang ke kosan, saya langsung ke kamar made dan mendownload file pekerjaan kami. Waktu menunjukkan 16.00. Ternyata horde [webmail informatika] sangat lemot jika dibuka dari laptop made [ntah kenapa, biasanya cepet], setelah berkali kali mencoba, saya dengan paniknya meminta rindang dan fany yang ada di kampus untuk mengirim file via yahoo. File terkirim [katanya], tapi sangat lama sekali tiba di inbox saya. Saya pun tambah panik.

Waktu menunjukkan 16.22 saat Made memanggil saya dan bilang, “nih, filenya bs didownload dari jason!”. Sedikit lega, namun karena waktu mulai mendekati deadline, saya tetap panik.

Setelah filenya selesai didownload, walhasil pada pukul 16.30, file .docx pekerjaan kami ini baru dapat dibuka di laptop made. Tanpa basa basi, saya langsung menekan ctrl+P. Mulai printing…

16.40, baru 8 halaman…

.

..

16.52, berkas selesai dicetak.

Langsung saya dan made pergi ke kampus untuk mengumpulkan berkas. O ya, saya dan made berada di kelompok yang berbeda, sehingga terdapat 2 berkas dari 2 kelompok berbeda di tangan saya untuk segera dikumpulkan sebelum 17.00

Karena saya berpikir jika saya sendiri naik motor ke kampus, bakal lama banget prosedurnya, saya pun berpikir untuk minta tolong made untuk mengantar saya. Made mengiyakan rencana ini.

FXR dihidupkan, langsung terjun ke kampus yang ada di bawah sana..

wuzz..

Sampai di gerbang ganesha saya langsung berlari ke labtek V, lewat jam yang ada di gerbang ganesha, masih menunjukkan waktu 16.55, saya bingung, apakah jam di laptop made yang terlalu cepat, atau jam di gerbang ganesha yang terlambat.

Saya pun tetap berlari, melewati parkiran aula barat, memotong taman [jgn ditiru!], melewati jalan aspal di depan fisika, di sini tenaga saya mulai habis, cape juga lari2 dari depan ke fisika. Saya sudah tidak menghiraukan sudah pukul berapa, yang penting, saya harus secepatnya ke himpunan to hand them over to my friends that have been waiting for me! [ups,, mereka nungguin laporannya, karena kebetulan gw yang megang 2 laporan, jadi semuanya nungguin gw! hehehe…]

Dan akhirnya saya pun sampai di depan himpunan dengan ‘disambut’ jason dan  rindang, saya langsung memberikan laporan2 tersebut kepada mereka,mereka langsung ke RPL. Saya dengan kadar keletihan tingkat tinggi langsung mengkaparkan diri di dalam himpunan…

Badan terasa letih sekali…

Dan akhirnya setelah saya kehabisan nafas karena berlari, ritme jantung pun mulai kalem, dan rindang dan jason sudah balik dari atas, tugas kami on time dikumpulkan!

Senangnya… Cape’nya…

Lesson learned :

1. Jangan jadi deadliner! Capek!

2. Berolahraga dapat dilakukan kapan saja [hhehehehehe…]

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

One Response to Saya (memang) pengejar deadline.

  1. v i n t a says:

    ahuahuahua…
    maafkan paw..
    mrepotkan,,,,padahal gw ada dkosan loh…tau gitu dibantuin..
    tapi bingung juga gmn bantuinnya
    hehe,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: