Sekarang Sudah Jaman Sosio-Digitalismus!

Pernahkah anda tertawa di depan komputer?? Sedih?? Ataupun kesal, deg2an, marah dan lainnya??

Saya menyebutnya kejadian tersebut sebagai efek dari  “Sosio-Digitalismus” (hehehe… ini istilah yang saya buat loh…)

Saya pernah diejek oleh om saya waktu saya datang ke Hamburg tahun lalu, dalam suatu percakapan, (Semua percakapan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dari bahasa Jerman)

Om Karl [om saya] :  Pras, makan malam sudah siap!

Saya : Ya, sebentar! Coming…

[lalu saya datang 5 menit kemudian…]

Om Karl : Kamu tadi sedang apa? Tadi kamu tertawa sendiri di atas.

Saya : Saya sedang chatting dengan teman2 saya di messenger.

Om Karl : [nada mengejek] Hebat sekali kamu, kamu bisa berbicara dengan komputer…

.

Pada kesempatan yang lainnya, saat om Karl mengenalkan saya kepada tetangganya Om Peter.

Om Karl : Halo Peter… Perkenalkan ini sepupu saya, Pras. Dia baru datang dari Indonesia.

Om Peter : Pras,, kenalkan, saya peter (kami berjabat tangan)…  Bisa berbahasa Jerman?

Pras : Ya, saya pras. Saya bisa, sedikit.

Om Karl : Anak ini sangat pintar, *cut* [dia memuji saya, saya tidak enak menjelaskannya di sini]. Dia pintar komputer, kerjaannya ngobrol dengan komputer! Dia bisa tertawa-tertawa sendiri dengan komputer!
Om Peter : Ah ya,, anak jaman sekarang memang sangat menggandrungi bermain internet..

.

Sejak teknologi instant messaging diciptakan, manusia menjadi mudah untuk berkomunikasi via internet. Orang2 menjadi lebih sering berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan internet, ketimbang bertemu langsung. Apalagi jika ingin berkomunikasi dengan orang lain yang terpisah jarak yang jauh. Mereka berpikir, daripada telepon SLI atau SLJJ yang mahal, mendingan kita chatting aja di internet.

Diciptakannya forum dan milis membuat orang2 dapat berdiskusi secara online, mengemukakan pendapat, sharing ini itu, dan lain2.

Terlebih sejak diciptakannya blogging, friendster dan kawannya, dan VoIP. Friendster dapat membuat orang dapat mengenal orang lain secara cyber, dapat tau lagu kesukannya, hobinya dan lain2. Tidak sedikit teman2 saya yang jadian karena berkenalan via FS. Blogging juga dapat membuat orang lain mengetahui seluk beluk pemikiran dan/atau kegiatan sehari-harinya sesuai post yang dipublish. Apalagi VoIP, saya sudah [akhirnya] merasakan VoIP dari Jerman ke Jakarta, lalu juga video call dari Hamburg – Bandung via YM. Dunia serasa sangat dekat, dan orang dapat bersosialisasi dengan mudahnya menggunakan internet dan fitur2nya.

Sekarang Jaman SOSIO-DIGITALISMUS! Hehehehe…😀

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

Leave a Reply

