Pergi ke Stadion Mau Nonton Bola Apa Smack Down??

Memalukan.

Itulah kabar dari persepakbolaan Indonesia akhir2 ini.

Walaupun gw ga terlalu ngikutin pertandingan Liga Indonesia, tapi gw sering nonton highlightsnya di tipi2. Ada satu PR besar buat para kesebelasan yang bertanding, dan PSSI sendiri selaku pelaksana Ligina.

Kata kunci pertama adalah Kekerasan. Lalu yang kedua adalah Tindakan Fanatis Anarkis suporter dan pemain terhadap tim tamu, wasit maupun suporter tim lain.

Gw melihat bahwa tindakan2 ini udah sangat melewati batas. Baik dari segi sportivitas permainan maupun segi keamanan dan ketertiban. Sejauh ini ada beberapa kasus yang gw tangkap:

1. Suporter Persija vs Suporter Persita di Jalan Daan Mogot. Waah… gw pikir kejadian Mei ’98 terulang lagi, taunya suporter Persita menghadang The Jak saat mau masuk ke stadion Benteng. Jadilah tawuran massal.

2. Bis Persib di-‘keroyok’ suporter Persija saat baru keluar dari tol JORR, Lebak Bulus. Walhasil, kaca bis tsb. pecah.

3. Suporter PSMS vs (lagi2) bis Persib, kasusnya mirip sama waktu di Lebak Bulus. Dihadang, lalu pengen di-‘keroyok’, tapi dihadang sama polisi. Walhasil,, kaca gedung stadion PSMS (gw g tau namanya T_T) ada yang pecah, lalu windshield truk pemancar telkom pecah.

4. Di pontianak, pertandingan divisi-1, lebih gila lagi,, tawuran berada di tengah lapangan, wasit dikejar-kejar fans pemain dari tim Pontianak-yang-gw-ga-tau-namanya, seperti singa menerkam zebra di sabana.

dll.

Gila. Dimana letak sportivitas kalian??? Bolehlah kalian mengelu-elukan tim kesayangan kalian… Tapi jangan anarkis lah!! kayak anak kecil aja.

Gimana Liga Indonesia mau maju coba??? Haduh2… Tolonglah Komdis PSSI, atau apapun itu namanya, tindak segala tindakan kekerasan yang mengotori sucinya sepakbola! Beri hukuman setimpal! Udah terlalu banyak kasus beginian,, masa ga ada tindakan nyata si??

Note: Gw bukan fanatis dari salah satu tim, cuman suka mengamati liga indonesia doang.

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

2 Responses to Pergi ke Stadion Mau Nonton Bola Apa Smack Down??

  1. Sepakbola indonesia itu 17+!!!! Banyak kekerasan soalnya…

  2. Arie says:

    Tetep semangat,ku juga baru nginstal gamenya awal bulan lalu, FM 2008 mang agak sulit daripada versi sebelumnya!!
    ku pegang milan, tapi ya gthu, buat ngatur tacticnya lumayan mumet dulu baru bisa menang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: