Mending bikin tugas dokumen apa tugas game?

Kita tahu bersama bahwa tugas kuliah merupakan salah satu pelengkap nilai suatu kuliah, agar mahasiswa dapat menggunakan (memraktekkan) ilmu-ilmu yang didapatkan di kelas. Nah,, kalo di Informatika, ada dua macam tugas, yaitu tugas yang berbentuk praktek (coding dan lalala), dan dokumen (ketik dan lalala). Pada awalnya gw lebih suka ngerjain tugas dokumen karena bisa selese cepet dan cukup gampang. Tapi setelah 5 semester berlalu, gw sekarang lebih suka tugas yang bentuknya praktek (coding dan lalala), knapa? justru lebih seru dan alasan lain karena bikin tugas2 berbentuk dokumen malah lama, hehehe..

Nah, tugas yang berbentuk praktek pun ada yang gw suka dan ga suka. Setelah mengerjakan puluhan tugas, gw (dan sepertinya temen2 gw) lebih prefer ngerjain tugas2 yang bentuknya permainan, atau game. Luckily, 2 semester ini gw dapet tugas2 kuliah yang bentuknya bikin game.

Alasan gw suka bikin tugas yg hubungannya sama game?
First impressionnya beda, “Wah, bikin game, pasti seru nih…” Udah kebayang mau ngapa2innya setelah liat protokol (petunjuk) tugas. Daripada bikin tugas2 yang berasa berat kayak MyLitteSpreadsheet, tugas strukdat. Seru sih awal2nya, tapi dibanding tugas strategi algoritmik mah, lebih enakan bikin tugas stimik. hehe..

Kalo di-list, baru ada 5 tugas yang ada hubungannya sama game, 4 bikin game, yg satu ngoprek game.

1. Game Pemabuk
Tugas kuliah IF2182 – Pemrograman Berbasis Objek. Dibuat dalam dua tahap, versi jalan-di-prompt, pake C++, sama versi GUI, pake Java. Seru sih bikin game pemabuk ini, tapi karena emang penekanan tugasnya di programmingnya, jadilah agak susah dalam meng-codingnya. Bikin versi jalan-di-prompt agak ribet, tapi simpel, karena ga pake GUI2-an, tapi ribetnya adalah karena full coding dan masi awal2 ngerti OOP. Kalo yang tahap kedua pake Java, dan boleh pake NetBeans dalam proses pembangunan game ini, tapi pas dikumpulin, ga boleh pake API dari NetBeans. Cuman swing aja bolehnya.

2. Monopoli
Permainan papan (board game) ini sudah sangat dikenal orang2 dan udah ada dari jaman kapan tau. Tugas ini adalah tugas 1 IF2251 – Strategi Algoritmik. Bikinnya pake VC++ 6.0. Menyenangkan sekali ngerjain tugas ini, karena ini program dan game GUI pertama buatan gw. Tepatnya gw dan Andin, karena gw sekelompok sama dia. Nah, entah mengapa gw semangat ngerjain tugas ini Hehe.. Codingnya emang ga susah, paling yang agak ribet adalah mencari algoritma untuk bikin “AI” buat lawan main user, karena emang itu yang ditekankan dari tugas tersebut. Kenapa gw menulisnya “AI”? karena sebenernya bukan AI (Artificial Intelligence), tapi sekedar objek lawan buatan yang cuman ngikutin instruksi2 yang kita bikin. Misalnya lawannya itu bakal beli kota dengan cara greedy by value, ato greedy by apa gitu. Dia ga thinking rationally ato ada agent2 apapun.

3. Sudoku
Nah, kalo yang ini tugas 2 IF2251. Tugasnya adalah kami ditugaskan untuk buat permainan sudoku lengkap dengan solvernya. Metode penyelesaian otomatisnya adalah dengan menggunakan backtracking. Lumayan gampang ngerjainnya. Dan gw belajar hal baru di sini, selain pemrograman GUI dan event handler yang lebih mendalam, juga gw belajar menggunakan .NET dan C#. Karena gw ngebuat tugas ini pake C# di VS2005. Hehehe.. Kesan pertama bikin pake VS2005 adalah menyenangkan! Hehehe..

4. Music Maker (lupa gw nama officialnya)
Tugas ini adalah tugas kuliah IF2291 – Organisasi dan Arsitektur Komputer II. Sekuel dari IF2191. Hehehe… Nah, walaupun ini tugas bikin game, tapi agak ribet ngerjainnya. Bukan karena gamenya yang heboh ato gimana, tapi karena tugas ini harus dibuat dengan TASM, assembly. Wew.. JMP JMP -an dan kode2 instruksi lainnya. Tugasnya adalah ngebuat suatu program yang bisa menyimpan not2 musik yang dimasukkan user melalui keyboard lalu dimainkan dengan menggunakan speaker CPU. Ribet juga belajar beginian, tapi setelah belajar gini jadi kagum sama assembly, karena bs melakukan hal apapun dengan semua potensi2 komputer, hehehe… Tapi ya tetep aja ribet. Contohnya nge-split file, itu tugas pertama kuliah ini, file splitter, yang sukses membuat satu angkatan berguru pada Teguh, sang master TASM. Seangkatan ga ada ngerti cara bikin file splitter, hingga datanglah teguh dengan kerjaannya. Walhasil semua orang “berguru” sama kerjaannya teguh. Hehehe…

5. Robocode
Nah, yang ini tugas ngoprek game. Robocode adalah suatu game edukasi yang dibuat oleh tim dari IBM, dimana kita bisa membuat suatu soft robot dengan mengimplementasikan ilmu-ilmu dari kuliah intelejensia buatan, IF3131. Bisa searching, planning, hingga learning. Fokus dari game ini adalah bagaimana sang developer bisa membuat tank yang bisa punya movement bagus, dan mempunyai akurasi tembakan baik, agar lawan bisa mati. Simpel, tapi rumit. Simpel karena ide dari gamenya simpel dan API yang dipakai terlihat simpel untuk dipelajari, namun rumit, dalam mengimplementasi AI ke dalam softbot ini. Tank2 ini nanti akan diadu di sebuah battlefield. Ya terus lawan2an deh. Hehe..

Yah, baru segini hasil tugas2 gw yang berbentuk game, kalo yang lain palingan tugas SI, gw, Iqbal dan Andin bikin SI Ticketing CitiTrans, lalu tugas bikin perancangan basis data, gw, Iqbal, Andin dan Aryo bikin perancangan basis data di Travel, lalu ada tugas 1 IB, ngoprek2 applet tentang CSP dan path finding, gw, Mira, dan Gia bikin schedulling pabrik mobil. Tugas OS, mengedit dan mengcompile kernel linux. Dan tugas lainnya yang membuat hidup menjadi lebih hidup, hehehe…

Masih banyak kok tugas yg bakal menunggu gw di depan T_T

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

3 Responses to Mending bikin tugas dokumen apa tugas game?

  1. rani! says:

    paw: Masih banyak kok tugas yg bakal menunggu gw di depan T_T

    betul..santai saja bang..masih ada semester 6 ;))

  2. v i n t a says:

    mending bikin blog yg judulnya “Mending bikin tugas dokumen apa tugas game?”

    hehe..
    :p

  3. [PaW] says:

    @rani! :
    yup,, gw ga sabar ni menunggu semester 6.. hahahahhaa…. boong beut gw,, hehe

    @ vinta :
    ah, mendingan maen game daripada bikin tugas. Hehehe…

Leave a Reply

