Jakarta 10 Tahun Lagi

Apakah Anda terbayang bagaimana Jakarta 10 tahun lagi?

Kalau menurut gw, dalam 10 tahun lagi, penjualan motor akan menurun drastis. Motor akan digantikan dengan moda perahu bebek taman mini. Lalu permintaan atas mobil amfibi akan membludak. Garasi di rumah orang2 kaya bukanlah mobil, tapi yacht, dan motorboat. Beberapa juga berisi jetski. Garasinya juga akan bertingkat tingkat. Dengan garasi penyimpanan ada di tingkat di paling atas, yg berisi kendaraan saat Jakarta sedang kering. Rumah-rumah akan mengikuti trend rumah panggung. Beberapa rumah mewah mempunyai mekanisme pondasi panggung yang bisa dilipat. Jadi saat air “pasang”, rumah akan terangkat beberapa meter ke atas. Namun pada saat air “surut”, rumah akan kembali menapak pada tanah.

Program waterway gubernur terdahulu akan menjadi salah satu primadona angkutan umum. Beberapa armada taksi menjelma menjadi kapal selam. Bajaj dan kancil berubah menjadi perahu bebek. Lalu muncul gondola-gondola khas Venesia.

Pada daftar lowongan pekerja, skill menyelam dan berenang adalah suatu keharusan. Menjadi lifeguard adalah pekerjaan yang lebih diminati dibandingkan menjadi pengatur lalu lintas. Anak-anak muda akan trek-trekan menggunakan speed boat orang tuanya. Ilmu navigasi menjadi ilmu dasar yang harus dikuasai setiap anak SD. Semua alat elektronik yang canggih sudah tentu waterproof. Apartemen dan rumah susun menjadi terapung, dengan tongkang-tongkang di bawahnya, tentu bangunan ini akan terapung dengan baik. Nelayan menjadi profesi yang kurang diminati, karena walaupun banyak airnya, air-air ini merupakan air yang “mati”, yang tidak mendukung kehidupan mahluk hidup di perairan.

Seperti inikah Jakarta 10 Tahun Lagi? Kita lihat saja nanti.

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

3 Responses to Jakarta 10 Tahun Lagi

  1. reiSHA says:

    Selama ini di Jakarta ngebayangin yang kaya ginian ya Paw? Hehe…

    Cepat sembuh ya…

  2. [PaW] says:

    haha.. ga kok.. cuman tiba2 kepikiran aja ngebayangin, soalnya abis blogwalking n baca2 ttg pulau yg tenggelam.. hehe..

    tengkiu sha😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: