Disimpan di Lemari?

Yah, kali ini judulnya agak maksa. Tapi topik pembahasan kali ini berhubungan sama aturan penulisan kalimat judul di atas.

Gw suka gatel dan gregetan deh kalo ada orang yang ngetik (maklum, gw suka melapuk di internet) dengan aturan penulisan yang gw pernah pelajari bahwa gaya tulisan tersebut salah. Walaupun gw juga nulis2 di internet (entah di blog, forum, ataupun YM) dengan gaya bahasa percakapan sehari-hari (baca: ga formal), tapi gw suka ga bisa menolerir orang yang menuliskan awalan kata yang dipisah. Entah mengapa, walaupun bahasa yang dipakai orang itu (misal) ga formal seperti gaya penulisan gw sekarang, tapi saat dia menuliskan “di atur” atau “di jual”, kontan gw jadi gregetan. Duh, salah ni nulisnya. Awalan tu disambung sama kata induknya, sedangkan kata depan tu baru dipisah.

Sepengetahuan gw, CMIIW, awalan itu salah satu bentuk imbuhan pada bahasa Indonesia, nah, cara penulisannya adalah sang awalan ini digabung dengan kata dasarnya. Sedangkan kata depan ditulis terpisah dengan kata dasarnya.

Sekarang, gimana si ngebedain mana yang awalan mana ang kata depan? Atau secara gamblang, mana yang harusnya digabung dan mana yang dipisah? Kalo (kembali) sepengetahuan gw, awalan itu pasti output katanya menjadi kata kerja, misal dikerjakan, disimpan, dibeli, ditukar. Kalo kata depan itu kata dasarnya kata benda, misal, di lemari, di meja, di komputer. Seperti itu.

Ironisnya, kesalahan seperti ini tidak hanya gw temukan di dunia maya yang penulisnya merupakan masyarakat pengguna internet secara umum dan luas, tapi juga dilakukan oleh instansi pemerintah. Bukti? Gini deh, buat yang sering jalan-jalan Jakarta-Bandung lewat tol cipularang, pernah liat ga plang di gerbang Padalarang Barat? Isinya kurang lebih “bagi yang ga nuker tiket, akan di denda di gerbang exit“. Nah, di plang itu, tertulisnya malah di denda. Gila, malu gw, instansi pemerintahan bisa dengan “bangga”-nya membuat sejumlah plang peringatan yang totally wrong secara bahasa. Dan “dosa” itu ditambah dengan pemakaian kata gerbang exit! What?! Bener2 ga konsisten banget?! Kalo mau pake bahasa Indonesia di plang itu, pakailah bahasa yang.. ya.. setidaknya lebih baguslah daripada gaya bahasa di blog ini, tapi tetap bahasa Indonesia. Kenapa ga dengan mudahnya menulis gerbang keluar? Atau kalo misalnya mau pake bahasa inggris, ya you can write it in a complete english sentence.

Gw yakin, masih banyak juga pemakaian bahasa Indonesia yang salah, maksud gw bahasa formal, bukan bahasa sehari-hari yang ancur kayak bahasa di posting ini😛

Udah ah, mau lanjut ngerjain tugas.. T_T

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

6 Responses to Disimpan di Lemari?

  1. -iQbaL- says:

    Hahaha, sama cuy, gw juga suka gregetan kalo ada orang salah nulis. Maklum waktu di SMP guru gw bener2 nekenin banget tentang kebahasa-Indonesiaan, hahaha.

    Tapi paw, mau ngoreksi dikit nih. Awalan di- itu berfungsi untuk membentuk kata kerja pasif. contoh: (aktif) Ibu menggoreng anaknya. (pasif) Anak digoreng ibunya.

    Koreksi kedua adalah si imbuhan di- itu bukan hanya untuk kata kerja, tapi emang kebanyakan memakai kata kerja. contoh: (aktif) Ayah menyemir sepatu. (pasif) Sepatu disemir ayah. Pada kalimat di atas. Kata dasar adalah semir, kata kerja aktif adalah menyemir (me + semir), kata kerja pasif adalah disemir (di + semir). Di mana seperti yang kita tau, semir adalah kata benda.

  2. -iQbaL- says:

    Oia, satu koreksi lagi Paw. Judul lo harusnya Disimpan Di Lemari?. D di situ huruf pertama kata depan, jadi harus gede.

  3. [PaW] says:

    @ iQbaL :
    koreksi kedua buat melengkapi, koreksi kedua udah gw ubah maksud tulisan gw, coba cek lagi ^^
    koreksi ketiga, iya apa? setau gw nggak deh..

  4. Saya setuju ama PaW, kalo gak salah sih kata-kata ‘di’, ‘pada’, ‘untuk’ de el el tidak dikapitalkan, meskipun itu judul🙂

  5. reiSHA says:

    Setuju sama [PaW]… Setuju juga sama Zakka…

    Ada lagi [PaW]: dikontrakan vs. dikontrakkan…

  6. paw25694 says:

    bukannya bener di lemari?? kan menunjukkan tempat?

Leave a Reply

