Safari on Windows XP

Safari on XP

Kemaren malam gw baru dapet informasi tentang diluncurkannya browser Safari di platform windows. Padahal seperti yang kita tahu, safari adalah browser bawaan di mac os. Karena softwarenya juga gratis, maka gw langsung mendownloadnya untuk menjajal browser ini. Apple sebagai produsen dari browser baru ini mengklaim bahwa safari, dalam hal ini versi 3.1, punya performa kinerja yang lebih cepat ketimbang internet browser yang lain, seperti Windows Internet Explorer (IE) 7, Mozilla Firefox 2 dan Opera 9. Jika ditilik dari situs safari, untuk performa dalam memroses (termasuk me-load) halaman HTML, safari lebih cepat 2x (2.09 detik) dibanding posisi kedua Firefox 2 (3.62 detik). Posisi ketiga adalah IE 7 (4 detik) dan terakhir opera 9 (5.95 detik). Dalam pemrosesan javascript, safari punya performa yang sangat cepat ketimbang 3 kompetitornya ini. Safari me-load JS dalam waktu 0.36 detik. Diatas opera 9 (0.88 detik) dan jauh lebih cepat ketimbang Firefox 2 (1.5 detik) apalagi IE 7 (2.18 detik). Data ini didapatkan dari situs safari. Gw sendiri tidak mencoba untuk mengetes performa tiap browser perihal kecepatan me-load suatu halaman😛

Dari segi tampilan, safari yang berplatform windows tak dapat lepas dari ciri khas software apple. AFAIK [karena gw jg ga punya OS X], yaitu tampilan yang terlihat neat, simpel, tapi catchy dan enak dipandang. Untuk para pemakai OS X pasti tidak akan asing lagi dengan tipikal interface safari. Tulisan-tulisan pada situs yang di-load terkesan lebih kecil daripada tulisan suatu situs saat dibuka dari firefox. Mungkin karena gw sudah biasa dengan jenis tulisan di firefox. Sekilas layout safari ini mirip dengan firefox. Tapi jika kita melihat jenis font yang di-generate browser ini, mirip2 IE 7 [ato IE 8 beta]. 

 Safari vs Firefox

Lalu dari segi pemakaian resource, dari pengamatan yang dilakukan, safari ternyata memakai resource yang cukup besar, sedikit lebih kecil daripada firefox [kalo di laptop gw, firefox jawara pemakan resource di kelas browser :D], dan saat ingin dibandingkan dengan IE 8 beta [punyanya IE 8 beta], dan dengan Opera 9.2, dengan membuka 4 halaman tab yang memakai teknologi web yang sepantaran, anehnya firefox jauh meninggalkan kawan-kawannya di atas.

   

Pengamatan tentang pemakaian resource ini tidak bisa dijadikan acuan ataupun menyimpulkan bahwa browser ini lebih boros resource daripada yang itu. Karena pemakaian resource rata-rata suatu browser juga variatif, tergantung dari jumlah tab yang dibuka dan jenis pemrosesan file yang terjadi. CMIIW :DTapi dalam hal menulis post di wordpress [FYI, gw menulis post ini 100% pake safari], gw menemukan style menge-post [bukan gaya bahasanya, tapi teknik menge-post] yang agak sedikit berbeda daripada memakai firefox. Tapi dengan 2 browser ini gw nyaman dalam browsing, paling ada beberapa yang gagal diimplementasi di safari, seperi daftar author di sidebarnya blog biro kuliner. Tapi kegagalan tersebut masih dapat gw tolerir, daripada gw pernah menge-post di blog ini memakai opera 9, walhasil ada beberapa tulisan pada satu baris yang “jebol” ke arah kanan. Jadi ceritanya pada post editor yang dipakai untuk menuliskan post gagal me-word wrap tulisannya, sehingga tulisannya jebol ke arah kanan, tidak hanya jebol di editornya, tetapi juga pada halaman post tersebut. Walhasil, post tersebut dikoreksi lagi di firefox.

Ingin mendownload safari secara [dan memang] gratis? Mungkin link ini membantu.

Happy blogwalking :D 

NB: post ini juga diedit berkali-kali, membiasakan diri sama karakter safari ==a

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

7 Responses to Safari on Windows XP

  1. amudi says:

    udah coba firefox 3? katanya hemat memory..

    tapi tetep, safari FTW 😀

  2. ibun says:

    Waktu gw pake safari, ga bisa buka Yahoo mail yang baru euy..

    Tapi sekarang blum tau deh..

  3. gaw says:

    duh bandinginnya ma firefox 2 yah?
    klo gw liat sih firefox 3 jauh lebih… dibanding firefox 2! klo dibandingin ma safari gw blom pernah sih! tapi liat di task manager mah masih menang firefox 3! seneng ma add-onsnya mozila sih! (ya masih beta v.5 juga dah lumayan lah)

    but gw suka ma safari!

  4. [PaW] says:

    @ amudi + gaw :
    yap, karena currently masih banyak yang make firefox 2, jadi sebenernya ga total dibandingin sih. hehe.. Tapi emang firefox 3 lumayan hemat, tapi saya punya yang beta 4, malah ga bisa install flash plugin. Itu pas di kosan, blum dicoba di koneksi internet lain😀

    @ ibun :
    kalo sekarang katanya sang Y!Mail blum pernah ngetes di safari yang versi barunya, tapi support2 aja. Namun kalo buka semacam facebook malah jadi jelek. CMIIW.

    @ all :
    mungkin title post ini di beberapa aggregator jadinya “safari vs firefox”, tapi title sebenernya adalah “Safari on Windows XP”, “safari vs firefox”, itu nama gambar yang kedua, ntah mengapa yang itu yang kluar di aggregator. ==a

  5. andru says:

    gw suka ama safari, cuma kayanya lappy gw terlalu lemot.. Jadi, sering banget not responding dan laen2.. Suka banget ama tampilannya, dan segi speed emang kerasa lebih cpet dibandingin Opera..

    Baru dunlud nih, hehe.. Seharusnya dunlud iTunes, malah dunlud Safari.. hehehe

  6. adipersada says:

    as a mac lover and user, i can officially say
    SAFARI IS THE BEST EVER BROWSER like LEOPARD as an OS..

    hahaha,

    dan gw sebenarnya tidak setuju apple mengeluarkan safari buat windows,
    semakin tidak menjaga eksklusifitas MACINTOSH gitu..

    hahaha,
    for windows user, piss!

  7. echa_starkey says:

    [OOT]
    @ bayu : udah kemakan propaganda MacAdict lo, ati2 Bay, wakakak!!

    kalo gw sih tetep pake firefox, suka sama plugin2nya.. malah ga suka warnanya safari -brushed metal-, soalnya beda sama desain os x yang aqua2an.. iye sih firefox lebih lambat, kuat ini laptop gw, hwehehe…

Leave a Reply

