Hoopla

Hoopla

Fiuh.. Tugas demi tugas bergiliran diselesaikan. Ada yang diselesaikan dengan cemerlang, ada juga yang… so-so. Malam ini adalah deadline tugas IF3292 – Pemrograman Internet. Mahasiswa yang mengikuti kuliah ini [yang ga ikutan ga usah ngerjain kok :P] ditugaskan untuk membuat CMS (Content Management System) sederhana. Dimana admin, role pengguna yang memperbolehkan si pengguna untuk bisa menambah dan mengedit artikel, menambah, mengedit dan menghapus halaman, melihat dan memberi komentar, mengubah template [saya buat 3 themes interface], mengedit modul [allowing comments atau guestbook], sama edit account. Lalu juga ada user, yang bisa memberi comment dan melihat artikel sang admin.

Teknologi yang dipakai adalah PHP, MySQL, HTML, JavaScript dan CSS. Tidak menggunakan AJAX, juga seperti applet, ataupun flash. Namun, karena tugas ini saya menjadi keranjingan mengulik… Photoshop!

Ya! Perangkat lunak yang handal mengolah berkas berjenis gambar dengan fitur yang banyak sehingga bisa mengkreasikan gambar sesuka hati. Apalagi setelah menemukan beberapa brush yang bagus, jadi yang tadinya memakai photoshop untuk mengedit foto [dalam hal ini main level, curve, saturation dkk. juga sedikit filter-nya], menjadi main2 dengan brush, warna, filter dkk. Bisa dibilang nyerempet digital imaging.

Kembali ke tugas saya. CMS ini saya, Latu dan Angga namakan Hoopla, yang sebenarnya saya yang buat Hoopla, karena saya yang buat interface, jadi bisa bebas buat. Lagipula hoopla mirip2 dengan Joomla, produk CMS juga, tapi versi bukan sederhana. Hehehe.. Walaupun Latu sempat mengusulkan Mambu agar mirip Mambo, lalu saya juga usul nama DorPress, agar mirip WordPress. Hehehe.. Walhasil karena interface terlanjur dibuat dan saya malas menggantinya, maka tetap bernama Hoopla.

Tugas ini tidak disimpan di hosting yang bisa diakses dengan internet [ya iyalah, CMSnya hasil tugas dan masih super sederhana juga], tapi bisa diakses dari kosan. Jadi sekarang di kosan ada 4 orang yang punya 3 CMS yang berbeda [Made punya 1, saya 1, iqbal dan jason punya 1]. Sedangkan si Iqbal punya versi embrio dari OSAMA yang bisa diakses dari LAN kosan.

OSAMA? OSAMA itu singkatan dari Online Scoring and Assignment Management System, tugas yang lain dari kuliah yang lain pula. Merupakan tugas PPL [Pembangunan Perangkat Lunak] yang merupakan sistem penilaian dan tugas online, bisa dibilang semacam sistem akademik. Dibangun di lingkungan J2EE menggunakan teknologi JSP, GlassFish v2 dan metode kerja supercamp [tanya anak IF 2005 apa itu supercamp] untuk menyelesaikan iterasi demi iterasi.

OSAMA

Tugas demi tugas bergantian diselesaikan, dan sekonyong-konyong muncul tugas baru yang tak sabar untuk mulai dikerjakan. Mari kita perbanyak zikir dan doa agar diberikan oleh-Nya kekuatan dan kesabaran melewati badai semester enam ini. Amin..

NB: Saya suka yang interface batiknya Hoopla!

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

5 Responses to Hoopla

  1. Ooze says:

    YOOOOOOOW…..

    desainnya keren, batik ma wayang (^_^)
    gw paling ga bisa maen potosop😛

  2. umi fadilah says:

    OSAMA nya keren mas,, tapi kabarnya itu bukan desain terbaru ya? hahaha…

  3. [PaW] says:

    @ ooze:
    trima kasih😀

    @ ume :
    iye, ini yang lama. mana me? gw blon dapet yang baru ni. udah ah, yg penting gw ngurusin si elaborasinya dulu. hehehe…

  4. Latu says:

    CMS nya keren. Sapa yg buat tuh?? :))

  5. Pingback: Derita Punya Bandwidth Kecil « Sekelumit Kisah Seorang Manusia

Leave a Reply

