Miniatur Wunderland

Udah lama juga gw ga nulis2 di sini. Hehe..
Kali ini gw akan bercerita tentang Miniatur Wunderland yang ada di Speicherstadt, Hamburg. Speicherstadt sendiri ada di pinggir sungai Elbe, dekat daerah HafenCity. Kalo kita liat bangunannya, bentuknya kayak barisan gedung, mirip row house. Dulunya gedung-gedung ini dipakai menjadi gudang komoditas karpet dan segala macem komoditas yang dikirim ke Hamburg via pelabuhannya. Waktu itu gw naik U3 turun di Baumwall, lalu jalan kaki dari stasiun ke arah Speicherstadt, sekitar 200 meter.

Di Miniatur Wunderland yang sehr wunderbar ini, kita bakal ngeliat berbagai macem miniatur kereta api dengan jenis kereta yang beragam dan dilengkapi oleh tema miniatur yang juga beragam. Dari miniatur Hamburg, Alpen (Swiss), America, Austria, Harz, Knuffingen, Skandinavia, Airport, Perancis, Italy, dan lainnya yang masih akan diperluas lagi.

Gw lupa bayar berapa, 8.00 EUR kalo g salah. Miniatur Wunderland ini ada di lantai 3, jadi kita naik tangga dulu sampai ke lantai 3, ada liftnya juga sih. Lalu setelah melewati loket tiket, kita naik lagi ke lantai 4. Dan di lantai 4 baru deh kita bakal disuguhkan oleh kereta api miniatur yang diatur oleh komputer (all computerized!). Tidak hanya kereta miniaturnya aja yang diatur otomatis, tapi juga ‘lingkungan’ miniaturnya, lampu gedung, miniatur mobil-mobil yang berhasil menggambarkan miniatur kota! Sampai tata cahaya di ruangan itu yang diatur, sehingga bisa keliatan kapan saatnya ‘malam’ dan ‘siang’.

Miniatur Wunderland
Landungsbrücken

Miniatur Wunderland
Stasiun U3 – Baumwall

Miniatur Wunderland

Selain miniatur kereta, ada juga miniatur mobil yang digerakkan komputer, jadi ada banyak mobil2an yang jalan2 sendiri di dalam miniatur kota. Zero accident pula! Kalo mau belok kanan, maka ada lampu sen yang kedap kedip. Ciamik lah! [masa’ ciamik dong?]

Miniatur Wunderland

Miniatur Wunderland

Miniatur wunderland

Selain itu, ada juga kapal-kapal kontainer yang digerakkan oleh remote control untuk berjalan-jalan di daerah skandinavia.

Buat gw, Miniatur Wunderland bener2 wunderbar, karena memang dari dulu gw suka sekali sama miniatur kereta dengan scenery yang wunderbar juga. Makanya, kali2 punya kesempatan buat bertandang ke Jerman, jangan lupa mampir ke sini😀
Bisa naik U3 turun di Baumwall, ato juga bis [nomor berapa gw lupa]. Ya dengan prekondisi lo udah di Hamburg yah😛

*all photos are taken from www.miniatur-wunderland.de

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

7 Responses to Miniatur Wunderland

  1. andika says:

    kalo maw bikin harganya sekitar berapa?answer

  2. yofi says:

    bagus2 i am suka

  3. yofi says:

    bagus2@ i am like
    lumayan bisa di pajang di kamar.

    trims

  4. Zaeni says:

    q bkin mniatur kota pke lilin yg buat maenan…..tp knp di indonesia jrang ada pmeran mniatur?
    tlong spya mniatur sya bza d’kmbangakan,,,,,,bLz

  5. yhuni nak annahdlah says:

    ka ajarin dong gimana carax bikin miniatur trus bahanx yg tahan l
    ama apa??? pusing nih udah dua minggu, mana tugas sekolah lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: