Berita: Yang Penting Cepat atau Benar?

Masih tentang hingar bingar Imagine Cup Indonesia 2008, dan ditengah-tengah kerjaan buat permainan catur pake AJAX. Walaupun acaranya sudah lewat, tepatnya hari Rabu kemarin, sekarang saatnya melihat hasil pemberitaannya di berbagai media. Nah, setelah melihat-lihat di Detikinet, MediaIndonesia.com, dan Kompas.com, selain itu gw juga melihat koran Kompas [versi cetak dari link kompas.com-nya]. Gw melihat sepertinya masih ada kekurangan pada pemberitaan oleh media kita.

Yaitu masalah kebenaran dan ketepatan informasi yg terkandung dalam pemberitaan. Detik, yang gw kenal, dan mungkin kita semua kenal, punya kelebihan yaitu kecepatan update berita yang sangat tinggi, bahkan setiap detik! [mungkin itu dia mengapa dinamakan detik.com], tapi kekurangan detik yang gw liat adalah ketepatan beritanya. Terkadang ada beberapa informasi yang kurang benar atau kurang tepat yang terkandung di beritanya. Contohnya pada pemberitaan final imagine cup ini, tim biota.net sempat ditulis berasal dari institut teknologi bandung, padahal seharusnya institut teknologi telkom. Namun akhirnya kesalahan itu dapat diperbaiki.

Lalu kesalahan yang cukup signifikan dilakukan oleh kompas. Pada kompas hari Jumat, 25 April 2008, pada bagian MUDA [versi onlinenya ada di link kompas.com di atas], tercetak berita tentang liputan final imagine cup Indonesia. Nah, terjadi kesalahan pada caption foto, caption foto Screaming Tree [Shieny, Oon, Alsa, Tina] tertukar dengan tim biota.net. Padahal foto Tina dkk, terlihat jelas pada atas halaman, sebelah judul. Namun captionnya salah.

Namun untuk pemberitaan dari media indonesia nampak tidak ada kesalahan, tapi beritanya memang kurang cepat keluar dibanding di detik.

Di sini gw bertanya-tanya, mana yang lebih penting, berita keluar secara cepat, namun masih ada kesalahan, misal salah data atau informasi yang cukup penting. Atau berita keluar lebih lambat, tapi data dan informasi yang dicantum benar? Ya idealnya memang sesuatu diberitakan secara cepat dan benar, namun melihat kondisi yang ada, yang mana yang sebaiknya lebih diproritaskan.

Kalau pendapat gw sih, tergantung juga seberapa sensitif berita itu. Maksudnya, kadang-kadang kan ada berita yang memuat data atau informasi yang sensitif jika dipublikasikan, nah, kalo yang ini data dan informasi yang ada harus valid. Kalau tidak, wah, bisa jadi perkara. Nah, kalau berita-berita yang tidak sensitif, nah, salah2 dikit asal ga fatal sih masih bisa dimaafkan, namanya juga manusia. Tapi ya overall berita yang benar menurut gw lebih diprioritaskan daripada kecepatannya. Jangan sampai buat opini publik yang salah, yang timbul karena berita yang salah.

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

6 Responses to Berita: Yang Penting Cepat atau Benar?

  1. Ray Rizaldy says:

    daku sih pilih cepat dan benar….
    tapi klo boulevard masih benar aja deh dulu… hehehe
    btw, caption di kompas gak gitu kok? apa dah diganti juga ya

  2. [PaW] says:

    @ ray :
    ya gw juga pilih cepat dan benar, tapi kalau harus memiilh antara kedua itu? hehe..
    caption foto yang salah ada di kompas versi cetak, bukan versi online😀

  3. Ella says:

    Oya, nama gw juga banyak yang salah nulis tuh… lupa “M”nya, jadi Ella Dwi Mustika. Awalnya di Detik doang, trus kayaknya ITB ngambil dari situ, jadi salah juga deh >.< Tapi media lain sih bener😀

  4. [PaW] says:

    @ ella :
    beuh.. ya jangan dibiasain aja, toh ntar juga lo bakal tambah tenar la, jadi tambah banyak yang nanya nama lengkap lo..😛

    oya, ella ini salah satu yang ada diberita-berita yang gw ceritakan di blog ini saudara2! berikan ucapan selamat! hahaha.. ga jelas..

  5. rindang says:

    STT Telkom paw,, bukan institut teknologi telkom., hah,, sama ajah lo kayak detik,, hehehhe,, *piss

  6. [PaW] says:

    @ rindang :
    CMIIW, setau gw udah ganti nama jadi institut teknologi telkom. lo tuh yang salah ndang. hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: