Iron Man

Iron Man

Film ini termasuk yang gw tunggu kemunculannya untuk tahun 2008 ini. Dan pada hari kedua pemutarannya gw sempatkan diri untuk menonton film ini di Blitz Megaplex PVJ. Gw bukan fans komik marvel yang sering baca komik2nya, termasuk komik iron man, jadi gw kurang tau cerita2 apa aja yang ada di komik iron man sebenernya. Hehe.. Gw hanya menunggu filmnya keluar, karena gw punya feeling film ini bagus dan pamer teknologi canggih, hehehe..

Singkat cerita, film ini tentang seorang Tony Stark yang dari sebuah dinasti Stark [intermezzo, stark dalam bahasa jerman berarti kuat, strong] yang memilik perusahaan Stark Industries, sebuah perusahaan produsen alat perang yang sudah menjadi partner militer US dari sejak lama. Tony adalah dapat dikatakan seorang biliuner yang jenius, karena diceritakan bahwa saat umur 4 tahun tony sudah membuat karya-karya yang anak normal jarang melakukannya. Lalu dia lulus dengan cum laude dari MIT. Kurang apa coba?

Nah, pada suatu saat Tony pergi ke Afghanistan bertemu para tentara US di sana dan meluncurkan sebuah rudal canggih yang diberi nama Jericho. Rudal ini seperti mothership yang nanti keluar banyak anak2nya yang juga merupakan rudal, seperti tipe2 spreading bomb. Kekuatan dari rudal ini sangat kuat sehingga satu gunung bisa diledakkan dan efek ledakannya sangat kuat. Di tengah perjalanan pulang dari tempat peluncuran rudal ke pangkalan udara US, ternyata fun-vee-nya itu diserang ten rings, sebuah kelompok bersenjata. Luckily, Tony tidak tewas namun dia dibawa ke gua tempat persembunyian dan markas ten rings itu. Dia pun diminta komandan ten rings untuk membuat rudal yang serupa dengan Jericho. Alih-alih membuat rudal, di gua itulah dia mulai membuat kostum besi dengan segala alat yang ada. Walhasil prototipe iron man berhasil dibuat dan dipakai untuk lolos dari markas ten rings. Namun hancur karena crash landing lantaran roket yang membuat dia bisa terbang rusak.

Saat kembali ke US setelah selamat dari afghanistan, pandangannya terhadap perang pun terbuka, dan dia akhirnya menutup divisi persenjataannya. Dia memandang bahwa dengan membuat senjata, dia tidak bisa membuat dunia aman, malah membuat dunia menjadi lebih buruk. Dan dia tidak ingin ikut lagi ke dalam suatu urusan yang “tidak bisa dipertanggungjawabkan” [coba denger dialognya tony di film deh..].

Tony pun membuat lagi prototipe iron man yang jauh lebih bagus dan lebih keren. Tapi di sini lah konflik yang sebenarnya mulai terjadi.

Film ini menurut gw keren, karena iron man itu setau gw sosok superhero yang ‘realistis’. Kenapa realistis? Karena iron man bukan seseorang yang gifted dengan berbagai kemampuan semacam spiderman, superman, the flash, gundala anak petir, cicakman [iyuh..] dan lainnya. Karena iron man dibuat dengan teknologi yang super canggih oleh seseorang yang super kaya. Tony hanya mempunyai bakat jenius, bukan bakat bisa terbang atau bisa nemplok di jendela. Kostum ironman nya juga bagus dan memukau, walaupun gw agak bingung dengan sebuah layar virtual di depan muka tony yang menurut gw agak susah bisa terlihat ‘penuh’ satu layar virtual itu di dalam topeng [atau helm?] iron man.

Dan yang paling impresif dari film ini adalah CGI dan pamer teknologi yang wah! Efek hologram 3D di atas layar semacam Microsoft Surface looks so real and so cool! Pengen punya… hehehe… Namun ciamiknya CGI dan efek2 ini menjadi lengkap dan koheren dengan inti cerita. Emang deh orang2 hollywood kalo udah main2 CGE dan visual effect paling bisa. Namun ada yang buat gw bingung, saat di gua itu, tiba2 ada laptop yang bisa mendeploy si-iron suit-nya itu. Mungkinkah Tony bawa2 flash disk yang isinya file2 tentang iron suit? Padahal dia membuat prototipe iron man dari kertas2 yang isinya gambar teknik suit-nya itu sendiri.

Tapi secara keseluruhan, film ini keren dan sangat rugi jika dilewatkan! Di IMDB aja ratingnya 8.3/10. Tapi gw lebih terpukau nonton the transformers yang menurut gw 12/10 nilainya kalo masalah visualisasi, efek, CGI, dan segala macem teknologi bumbu2 filmnya.

Selanjutnya, gw pengen nonton Earth, Wanted, Indiana Jones lalu apalagi yah.. Sepertinya bulan mei bakalan ada beberapa film bagus keluar..

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

6 Responses to Iron Man

  1. Ooze says:

    YOOOOOOOW….

    waaa…. enaknya bisa nonton langsung…
    terpaksa deh donlot….😛
    Secara baru nongol September…😦

  2. Ray Rizaldy says:

    Spoilllerr…
    si TOny juga gifted dengan berbagai kemampuan otaknya lhooo

  3. ghan says:

    Kalo menurut aku film ini keren,, cuman Visual effect nya kurang agak maksimal,, pas terbang di atas laut itu air nya tidak ber-riak samasekali,,
    padahal jaraknya deket banget n pake kecepatan segitu tinggi..
    At least masih bagus banget the transformers emnag,, lebih mak nyussshhh…

  4. thito says:

    transformer norak ah. iron man belom nonton

  5. starkey says:

    bagus bagus! gw juga suka nih pelm.. kalo dc punya batman, marvel punya iron man, sama-sama superhero versi (lebih) realistis.. kalo ngambil kesimpulan dari 2 karakter ini sih, intinya sih satu : mau jadi superhero? mesti tajir dulu, hahaha…

  6. rizky says:

    Kostumnya Lebih Oke, tapi bagusan versi Cupunya, Waktu si Tony Bikin Pertama Kali Buat Loloskan Diri Dr musuhnya… Ceritanya Seru, Sound Efeknya Kurang Maksimal and Visualnya Animasinya Kurang Full Color Di banding Spiderman.. Untuk Sekarang Bagi Gw tetep Jagoin TRANSFORMER… Siver Hawk Kapan Ya dibikin The Movinya??? Pasti Seru Banget

Leave a Reply

