OSAMA – Online Scoring and Assignment Management System

OSAMA - Online Scoring And Assignment Management System

Hampir sampai di akhir perjalanan.. Coming soon..

Tambahan dikit aja..

Gw mau cerita tentang fitur-fitur yang ada di OSAMA, ya biar tau2 dikitlah fiturnya. OSAMA itu singkatan dari online scoring and assignment management system, yang secara harfiah berarti sistem manajemen penilaian dan tugas. Jadi OSAMA adalah sebuah semacam sistem informasi akademik [macam kur2003-nya IF], yang punya fitur antara lain:

pengelolaan nilai tugas dan nilai selain tugas

sang dosen bisa memasukkan nilai tugas dan selain tugas ke dalam sistem dari nilai tugas, nilai UTS, UAS dan nilai kuis serta nilai kehadiran dan mungkin nilai mood dosen kalo ada😛. Dosen juga dapat menentukan batas bawah range indeks akhir nilai matakuliah yang diajarnya. Sistem indeks akhirnya masih berupa range nilai, bukan yang pake grafik atau distribusi apa itu namanya. Lalu selain dosen, asisten juga bisa memasukkan nilai tugas ke dalam sistem. Selain memasukkan nilai tugas dan range indeks akhir, dosen dapat menentukan bobot komponen penilaian dan mengubah jumlah komponen penilaian [misalnya sang dosen mau punya 2 UTS dan 4 kuis] dan bobotnya bisa disesuaikan oleh dosen pada sistem. Setelah itu sistem dapat menghitung nilai akhir dan mengeluarkan indeks akhir sesuai batas bawah range indeks dan bobot komponen penilaian. Saat indeks akhir selesai dibangkitkan, maka setiap mahasiswa yang terdaftar pada mata kuliah tersebut akan menerima sms notifikasi nilai indeks akhir mata kuliah itu [macam iklan BSI aja :P]

Setelah nilai tugas dan selain tugas dikelola, maka seyogyanya dosen dapat melihat “rapor” nilai kelasnya bukan? Maka daripada itu dosen dapat melihat chart nilai yang akan menampilkan overview nilai tugas dan selain tugas dari mata kuliah yang diajarnya.

pengelolaan tugas

sang dosen dapat merilis tugas di sistem ini, yang pengumuman tugasnya dapat dilihat oleh mahasiswa. Setelah portal pengumuman tugasnya ada, mahasiswa dapat mengupload file tugasnya [sementara dibatasi untuk file .doc, .xls, dan .pdf] ke sistem dan sistem akan mengkonversi file tugas ke dalam pdf agar read-only, tentunya dilengkapi oleh proses scan virus sebelum file dapat disimpan ke dalam sistem😀. Oya, saat sang dosen merilis tugas, maka semua mahasiswa yang terdaftar pada mata kuliah tersebut akan menerima sms notifikasi di handphonenya masing-masing😀. Selain itu dosen dapat memasukkan [mengupload] file spesifikasi tugas ke dalam sistem yang dapat diunduh mahasiswa. Dosen juga dapat memasukkan referensi tugas yang berupa link rss dari sebuah web lain yang menyediakan feed.

Oya, agar dosen dan asisten dapat menilai tugas-tugas mahasiswa, tentunya mereka harus mendownload file tugas yang dikumpulkan mahasiswa, baik satu persatu, maupun langsung satu bundel tugas.

pengelolaan info kuliah

sang dosen dibantu admin dapat mengelola info mata kuliah. Info mata kuliah termasuk nama dosen, jadwal kuliah, daftar mahasiswa, asisten dan referensi mata kuliah. Referensi mata kuliah juga berupa hasil rss feed dari web lain yang menyediakan😀. Selain itu user sistem ini dapat menyimpan halaman info mata kuliah ke dalam pdf.

pesan pribadi

komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, juga dalam OSAMA. Dosen dapat berkomunikasi via pesan pribadi sederhana [ya sekedar kirim, baca, balas, dan hapus aja] dengan administrator, asisten dan mahasiswa. Sedangkan mahasiswa, administrator dan asisten tidak dapat berkirim pesan satu sama lain.

pengelolaan akun

user, yaitu mahasiswa, dosen, asisten dan administrator dapat mengelola akunnya sendiri. Hanya berupa edit-edit field nomor handphone, email, alamat dan foto profil aja sih. Juga berupa edit password akun. Kali-kali ganti nomor handphone, biar masih bisa dikirim sms oleh OSAMA kalo2 ada tugas baru yang rilis😀

kustomisasi fitur dan template

nah yang ini fitur tambahan, jadi administrator dapat mengubah fitur mana yang mau dipakai [sementara hanya fitur kalender] dan template design per mata kuliah.

Kira-kira ini fitur yang ada, mungkin ada yang kelupaan, anggota ChocoBeans yang lain mungkin bisa nambahin😀

Panjang juga tambahannya yah,, hehehe…

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

3 Responses to OSAMA – Online Scoring and Assignment Management System

  1. antonrifco says:

    wah aplikasi yang menarik

    bisa dijelasin kemampuan teknis nya

    hmmm…

  2. [PaW] says:

    @ Brahmasta :
    makasih,, kerjaan ume tuh😛

    @ antonrifco :
    makasih,, postnya udah diupdate dengan short description tentang fitur2nya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: