Pantang Tidur Demi 30GB

Gw punya sebuah cerita suatu pengalaman bodoh berharga yang terjadi malam kemarin. Jadi ceritanya begini, suatu hari internet kosan gw mati, juga termasuk LAN kosan. Walhasil gw ga bisa nge-ping pong ke komputer yang lain. Ping kemana-mana dari laptop gw ga bisa, namun laptop made dan iqbal bisa saling ping pong-an, termasuk nge-ping laptop gw.

Gw pun jadi gerah sendiri, soalnya malem itu gw udah dirundung ke-BT-an lumayan tinggi ditambah kerjaan yang belum beres, dan salah satu kerjaannya itu gw perlu konek ke server OSAMA. Dan karena LAN kosan lagi ajrut2an, walhasil gw ga bisa konek ke servernya. Walhasil? Gw termakan sugesti aneh nan bodoh, “SP3 buat xp gw ga bener ni jadinya, bikin laptop gw ga online..”. Walhasil, di tengah-tengah kerjaan gw malam itu, gw me-restore windows gw ke state 2 minggu ke belakang, sebelum SP3-nya belum terinstall ke XP gw.

Setelah beberapa lama, akhirnya laptop gw kembali dengan SP2. Dimana pada state 2 minggu yang gw restore itu, laptop gw baru saja diformat karena emang windowsnya udah bermasalah. Nah,, saat laptop itu udah kembali ke state 2 minggu ke belakang, gw cobain ping pong ke komputer-komputer kosan, namun masalah sebelum gw restore tadi tetep ada. Walhasil gw ga puas dengan hasil system restore gw, dan gw menjajal fitur undo restoration di system restore, dimana proses system restore bisa di-undo.

Petaka pun dimulai dari sini. Setelah lama menunggu selang progress bar system restore penuh, lalu laptop gw me-restart sendiri, dan ternyata laptop lawas gw ini gagal masuk ke windows! Bukannya masuk ke windows, malah keluar BSOD dengan argumen IRQL_NOT_EQUAL_OR_LESS. Wuih, lengkap sudah penderitaan gw malam itu. Gw coba masuk safe mode, last known good dan segala cara boot yang ada gw cobain, tapi keluarnya tetep IRQL_NOT_EQUAL_OR_LESS.

Hopeless. Itu yang terjadi di malam itu. Data gw masi tersimpan di hard disk laptop yang kesimpen di C: dan emang hard disk gw itu ntah mengapa ga bisa dipartisi. Tanpa basa-basi gw langsung berpikiran untuk nge-back up data gw lalu setelah itu langsung diformat lagi juga ga masalah. Namun, apa yang bisa gw lakukan buat ngeback up isi harddisk laptop tanpa bisa masuk ke operating system yang emang satu-satunya ter-install di laptop?

Walhasil keluarlah ide yang sedikit nekat, yaitu membuat harddisk laptop gw ini jadi harddisk eksternal. Kenapa sedikit nekat? Karena gw pun belum pernah ngubek-ngubek laptop gw secara fisik. Untungnya di laptop gw ini ga ada stiker segel2 toko ato apapun itu lah [yang katanya adalah segel garansi tapi kadang2 cuman formalitas aja]. Saat itu udah jam 1/2 1 malem, dengan obeng minus kecil made [padahal baut-baut di laptop gw adalah baut plus smua], tang hasil ngebangunin mas bihin [sang penjaga kosan, tangnya buat bantu2 ngebuka baut, soalnya bautnya kenceng banget], dan hard disk eksternal hasil ngebangunin iqbal. paw yang dibantu made [terutama bantu2 di bagian yang perlu tenaga agak berlebih, hehe] akhirnya ngubek-ngubek laptop.

Terima kasih buat made atas bantuan tenaga, diaz atas tempat menampung sementara data gw, iqbal atas pinjaman casing hard disk eksternalnya, mas bihin atas pinjaman tang, dan LAN kosan yang ngadat yang membuat gw ngoprek2 laptop sendiri. Juga buat mas2 delivery McD yang mengantarkan makanan di saat gw lapar malam itu. Hehehe…

Dengan modal nekat dan sotoy, akhirnya data ter-backup secukupnya, walaupun gw harus merelakan hampir 90% koleksi lagu gw. Pagi2nya laptop gw kembali ‘fresh’ dan siap digunakan, tapi yang punya laptop teler gara2 baru tidur jam 1/2 5 pagi. >.<

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

4 Responses to Pantang Tidur Demi 30GB

  1. Pingback: Membuat Harddisk Satellite M40 Menjadi Harddisk Eksternal « Sekelumit Kisah Seorang Manusia

  2. Bayu Indra says:

    kok kita bernasib sama yah mas..
    cuma bedanya,,
    gw bongkar laptop dan casing hardisk,
    dan bodohnya..
    yg satu SATA yg satu ATA,
    *perasaan mulai gak enak
    dan akhirnya tanpa back-up gw memberanikan diri memencet 1 tombol untuk system restore ,
    dan dan dan
    dan dan dan
    Hang!!
    Hardisk laptop crash..
    data ilang semuah
    terimakasi lenovo atas bantuan tombol shortcut system restorenya
    Bravoooo!

  3. Bayu Indra says:

    btw..
    jangan ngilang dari peradaban maya dunk..
    minta ajarin c++ !!

  4. QOri says:

    heufffffffff, mau gimana lagi…….
    bingung juga kalau dah ngadepin laptop yang rada’ ngadat maunya disayang mulu……….
    sebenernya ada g’ seh laptop anti nge hang,
    sama ja, kalau laptop gw ngambek juga gw rela2in g’ tidur.
    hasilnya dah di utak atik tapi tetep ja eror, di restore g’ bisa, mau nya di apain………?????
    cerita gw sama kaya lw mz. tapi gw g’ sampe bongkar2. cz takut malah tambah salah kaprah cz gw bukan nak komputeran. akhirnya gw nyerah buat bwa laptop gw ke rumah sakit. tempat servis komputer. n rela2 rus buang duit. hauwwwffffffff ……

Leave a Reply

