Hidup Ini Keras Bung!

Meresahkan. Gw menilai kehidupan di jaman seperti ini makin lama makin meresahkan. Harga kebutuhan sehari-hari makin tak terjangkau, sehingga taraf kehidupan manusia juga makin rendah. Karena perekonomian makin terjepit, maka timbullah ‘ide-ide’ kreatif untuk menyiasati kondisi ini. Efeknya banyak sekali dan dimana-mana. Kriminalitas makin tinggi dan beragam, banyak orang yang mulai memraktekkan perekonomian curang, dan menghalalkan segala cara agar dapat ‘keuntungan’ semu.

Sedih gw ngeliat pemberitaan di tv, mulai dari sapi gelonggong, dan kawan-kawannya, es batu dari air  kali yang mentah, baso tikus, gorengan dicampur plastik, premanisme, dan lain-lainnya. Kondisi perekonomian disebut-sebut sebagai dalang terjadinya hal seperti ini. Pikiran manusia menjadi pendek, melakukan sesuatu hanya untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek. Bodohnya lagi, hal tersebut mulai dianggap ‘lumrah’ oleh orang-orang lain.

Sore ini gw ngeliat pemberitaan tentang minyak goreng oplosan dari oli. Minyak goreng oplos ini sebagian besar dipakai oleh penjual kaki lima untuk menggoreng makanan yang biasa mereka jual. Padahal mereka tau bahwa minyak oplos itu sangat berbahaya dan bersifat karsinogenik. Huff.. Hasil laboratorium pun menyebutkan bahwa minyak goreng yang berwarna gelap, berasap dan berbuih itu dapat dipastikan minyak goreng oplos yang berbahaya. Para penjual tidak berpikir panjang bahwa dengan memakai minyak goreng tersebut, para konsumennya akan satu persatu terkena efek buruk dari minyak mereka. Bodohnya, beberapa konsumen pun ‘memaklumi’ dan sadar atas resiko dari pemakaian minyak goreng tersebut.

Cape gw nonton liputan ekslusif tadi. Ternyata liputan tadi belum selesai. Ada lagi cerita kalau ada beberapa penjual gorengan yang menggoreng gorengannya dengan plastik! Plastik, ya plastik, bisa kantong plastik ato sedotan. Jadi awalnya plastik ini dimasukkan ke dalam minyak panas dan ‘digoreng’ sampai larut, lalu baru dimasukkan gorengan tadi. Mencampurkan plastik dipercaya dapat membuat gorengan lebih crunchy dan tahan lama. Argh,, gila, yang bener aja plastik digoreng dan kita makan plastik? Terlebih menurut laboratorium pun pencampuran itu bisa membuat panganan murah meriah namun enak dan asoy itu bersifat karsinogenik pula. Huff.. Ga lagi-lagi gw makan gorengan ato jajan2 kalo ga bersih.

Ada sih cara membedakan apakah si gorengan tadi digoreng sama plastik. Kalau gorengan tadi ada bintik2 putihnya, dipastikan gorengan itu mengandung vitamin P [bukan paw, tapi plastik :P]. Tapi tetep aja, cape juga harus menelaah satu persatu gorengan yang mau kita konsumsi.

Lemes gw nontonnya, akhirnya gw pindah channel. Ternyata ada liputan yang lebih seru lagi, yaitu tentang pencurian dengan menggunakan bius. Wew,, ini nih yang bener-bener meresahkan. Kalo cowo dibius paling yang ilang harta lalala, kalo cw? Kalo om kriminilnya lagi iseng, bahaya banget.. >_<

Dikasi liat pula cara buat obat biusnya, ternyata gampang-gampang susah buatnya. Lalu si ramuan tadi dimasukkan ke dalam makanan atau minuman. Sebenernya cara mencegah biar ga kena yang gini2an gampang-gampang susah. Intinya selalu waspada terhadap sekitar, hilangkan keramahan dan jangan ngobrol sama orang yang ga dikenal. Terlebih kalo dia nawarin makanan ato minuman. Jangan deh,, jangan..

Hidup makin keras, apalagi di kota besar. Kesenjangan makin ekstrim, jalan pikiran manusia pun makin pendek.

Panjang lebar gw mengeluh dan gw belum menemukan solusi atas permasalahan kompleks ini. Apa yang bisa kita lakukan? Apa kita bangsa yang salah asuhan hingga seperti ini bentuknya?

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

3 Responses to Hidup Ini Keras Bung!

  1. Brahmasta says:

    Kalo gw sih mencoba untuk percaya.. bahwa negara kita lagi dalam perjalanan (yang sangat lambat) untuk maju. Orangnya banyak sih, susah diatur pula😀
    Emang susah nyari solusinya. Liat aja tampang SBY. Kayak orang strees mulu kan..

  2. dev says:

    hmm.. btul2.. gw ajah shock ngedenger yang plastik dicampur ke minyak goreng,, phiuww..
    yah,, sekarang c gmn qtanya aja yang menyikapi itu semua,, jagn bli gorengan lagih aja cara praktisnya c.. itu yang mu gw lakuin..

  3. Pingback: Agar Awet Penganan Digoreng Dengan Campuran Plastik ! « Sains-Inreligion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: