Review JGraph

Kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman saya menggunakan library JGraph yang saya pakai dalam pembangunan aplikasi saat KP, yaitu GUI workflow definition.

JGraph adalah sebuah library java [tentunya open source] yang berguna untuk memvisualisasikan graph dengan menggunakan swing design patterns pada lingkungan java. Library ini berguna dalam pembangunan aplikasi yang mengedepankan visualisasi graf, seperti workflow editor [seperti yang saya dan teman-teman buat], flowchart, VLSI dan CAD, business process modelling, entity relationship dan diagram-diagram lainnya.

JGraph menyediakan segala fitur, yang saya rasa fitur-fitur ini sudah lengkap, yang dibutuhkan saat para programmer membutuhkan sebuah library untuk visualisasi graf. Library ini cukup dasar dan dapat dikembangkan menjadi lebih lengkap lagi sesuai kebutuhan. JGraph juga hadir dalam aplikasi siap pakai, yaitu JGraphPad Pro. JGraphPad Pro adalah sebuah aplikasi diagram editor [semacam microsoft visio] yang dapat digunakan dan juga open source😀

JGraph selain dapat memvisualisasi graf, user juga dapat berinteraksi, mengatur layout dan menjalankan analisis yang berkaitan dengan graf tersebut. Selain itu JGraph juga dapat berjalan dengan segala standar swing, seperti look and feel, data transfer, aksesibilitas, serialisasi dan internationalization. Kita dapat menambahkan fitur undo/redo, printing, dan juga XML support. JGraph adalah turunan dari JComponent, yang merupakan kelas induk pada swing untuk semua komponen. JGraph juga dapat dikode menggunakan konvensi java untuk penamaan variabel dan method, layout source code dan komentar untuk keperluan javadoc.

Screenshot aplikasi kami [GUI workflow definition] yang menggunakan library JGraph sebagai visualisasi graf:

JGraph dapat diakses pada link ini. JGraph menyediakan bentuk dasar yaitu persegi panjang, namun tidak menutup kemungkinan para pemakai JGraph untuk dapat membuat node berbentuk elips, trapesium, jajar genjang, panah, dan bentuk-bentuk unik lainnya.

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

6 Responses to Review JGraph

  1. umi fadilah says:

    ckckckckc… sukses kali kapenya temen2 kita yang di sigma ini.. ahaha.. bagus bagus paw,, gw belom bilang yah, kalo si proyek gw ini juga ada versi desktop app.nya, dan lumayan mirip2 gitu sama bikin node-node-an ginian.. huhu..

  2. [PaW] says:

    @ume :
    kape kita di balicamp me😀

    yg kita buat ini jalan di atas java applet, yang nantinya jalan di atas browser😀

  3. petra says:

    gak suka Java,

    hehehe

  4. KnightDNA says:

    sama kayak di atas saya…😀

    dan untungnya KP ini gue bebas dari kode2 Jowo itu😛

  5. pebbie says:

    wew, knapa gak bikin sendiri? visio itu tugas besar grafika ank 2001 lo..

  6. [PaW] says:

    @ pebbie :
    buat sendiri apanya?
    yah proyeknya cuman GUI workflow definition editor yang bisa konek ke DB mereka via XML doang,, lain lagi kalo disuruh buat semacam visio😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: