Google Chrome: Nyobain Task Manager

Gw lagi ga ada kerjaan, jadi gw coba utak atik laptop dari tadi pagi. Lalu gw [baru] menemukan fitur task manager yang ada di google chrome. Setelah posting tentang incognito mode, sekarang gw pengen nyobain task managernya.

taskmanager

Baru tau ternyata chrome punya task manager atas setiap tabnya. Gw kira entry image name di task manager windows dibuat independen per tab cuman karena pengen misahin process aja, ternyata salah satunya karena chrome punya task manager sendiri. Canggih canggih..

Nah, di sebelah kiri bawah kalo kita liat gambar ada link “Stats for nerds”. Iseng coba gw klik, ternyata keluar sebuah tab baru “about:memory”. Di tab ini kalo kita liat gambar di bawah, ada 2 grup yaitu summary dan processes.

googlechrome task manager

Summary yaitu entri memory usage untuk satu program web browser secara keseluruhan. Usut punya usut, tab yang punya title “About Memory” ini bisa menampilkan ga cuman memory usage chrome saja. Tapi juga memory usage web browser lainnya! Sedangkan processes terdiri dari daftar memory usage dari tab-tab yang ada secara detail.

Iseng-iseng lagi, gw cobain aja ngebandingin memory usage web browser yang banyak dipakai orang dan terinstall di laptop gw: Chrome (versi 0.2.149.27), IE (versi 7.00.6000.16705), Firefox (versi 3.0.1), dan Opera (versi 9.25). Karena gw iseng dan males menganalisis lebih jauh, gw cobain aja ngebuka 2 tab yang sama untuk semua browser tersebut. Kecuali chrome yang menjadi host ‘head-to-head web browser memory usage comparison’, yang kita singkat jadi HEBROMUSON [suka2 gw aja singkatannya yah :P]. Nah, gw membuka 2 tab, yaitu www.google.com dan www.facebook.com [tapi halaman home account gw]. Dan hasil dari perbandingan ini adalah:

HEBROMUSON

Firefox menjadi juara pemakai memory terbesar dengan total usage 89.152k. Di tempat kedua ada IE 7 dengan 85.852k, dan juara ketiga adalah Chrome dengan 67.984k. Sedangkan Opera menjadi pecundang dari lomba besar-besaran memory usage dengan 49.368k. Secara super subjektif, opera menjadi browser yang hemat usage. Tapi hasil eksperimen iseng nan tolol ini ga bisa menjadi tolok ukur yah😛

Side story

Ada cerita menarik lainnya saat gw menggunakan chrome kemaren. Jadi kemaren gw sedang entah-kesamber-setan-mana lagi pengen eksplor adobe air, aptana dan extJS [ngikut2 si andra sih tepatnya]. Gw mulai dengan gugling, lalu browsing2. Kali itu gw pengen chrome yang membantu gw menyelesaikan kerjaan eksplor2 gw. Tapi tak dinyana, tau-tau keluar lah satu alert yang kalimatnya cukup “kocak” dibanding alert window bawaan windows yang terkesan serem. Hehe.. Begini dia bilang, “Whoa! Google Chrome was crashed! Restart now?”

whoa, google chrome has crashed

Bukannya gw jengkel, tapi malah ketawa kecil [tetapi tetep jengkel sih] ngeliat error message yang ga biasanya. Hahaha..

Ada lagi cerita pas gw nyobain plurk kemaren dari chrome. Ntah mengapa plurknya lagi aneh, sehingga yg keluar malah gambar ini

plurk error

Mantra-mantra ini keluar, dan pada line terakhir tersebutlah kalimat, “Can’t connect to MySQL server on 192.168.0.251”. Nah lho..

paw rasa plurknya lagi aneh dance

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

4 Responses to Google Chrome: Nyobain Task Manager

  1. dwinanto says:

    Keuntungannya emang masing2 Tab terlihat mandiri, tapi kLo terlalu banyak, bisa jadi memberatkan sistem juga sih,.😀

  2. ray rizaldy says:

    ah, sampe sekarang tetep aja daku gak bs nginstall. port internetnya gak bisa dipake katanya. apa emang gak bisa install dari kampus ya?

  3. V Maesa says:

    Gw gak bisa buka link dr YM klo google Chromenya (GC) belon di jalanin sebelumnya. Menjalankan GC dengan mengklik link di YM selalu crash…

  4. evan says:

    kalau untuk google chrome, ada gak ya cara untuk meingkatkan kecepatan browsing?
    thx yah..

Leave a Reply

