Gara-Gara Bola

poster Hari selasa kemarin saya diajak untuk menonton film Gara-Gara Bola di blitz megaplex PVJ. Film ini bercerita tentang dua sahabat, Ahmad (Winky Wiryawan) dan Heru (Herjunot Ali) yang merupakan penggemar sepakbola dan ngekos di tempat yang sama. Heru dan Ahmad punya satu kegemaran saat ada piala dunia 2006: judi bola.

Saking semangat ‘membela’ tim kesayangannya, mereka ikut taruhan dengan nominal yang cukup besar. Namun sayang, ternyata mereka kalah taruhan dan karena nominal taruhan yang cukup besar, mereka juga sebenarnya tidak punya uang sebesar nominal tadi. Mereka pun diberi waktu untuk melunasi hutangnya, daripada harus bertatap muka dengan debt collector bandar mereka. Mereka pun mulai mencari cara bagaimana melunasi uang taruhan mereka.

Begitu inti ceritanya, sekarang bagian review. Beberapa review menyebut film ini beraliran dark comedy atau black comedy, yang mempunyai maksud film komedi yang tak lagi hanya ingin melucu tapi tampil dengan plot yang tersusun baik. Sebenarnya film ini menurut saya berpotensi menjadi film komedi yang tidak biasa dan baik. Namun usaha untuk menggambarkan karakter pada film ini kurang terasa (ntah karena saya yang lemot atau gimana). Pada cerita ini semua karakter (ternyata) mempunyai keterhubungan satu sama lainnya. Pada awal cerita dikenalkan karakter per karakter, dan pada akhirnya makin ke belakang keterhubungan antar karakternya dijelaskan. Usaha yang cukup baik, namun saya masi menilai ada terasa kurang dari hal ini.

Film ini menghibur, ga garing seperti beberapa film lain. Walaupun ide ceritanya unik, tapi masih terasa sisi vulgar dari film komedi ini. Entah vulgarisme dipakai sebagai penyedot perhatian penonton atau memang mempunyai suatu esensi atau nilai penting lain terhadap film, saya masih bingung mau men-judge yang mana.

Saya suka opening scene saat junot memainkan bolanya, namun naas, ternyata tidak ada adegan bermain bola lainnya di film ini. Di sini saya “tertipu” judul dan poster, karena memang saya sengaja tidak membaca review atau sinopsis dari film yang saya mau tonton ini. Hehe..

Dan terakhir, saya pun terkaget-kaget saat melihat video klip mieke asmara di end credit :))

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

One Response to Gara-Gara Bola

  1. dwinanto says:

    Weqs,.
    Tampak kocak nih, fiLm,.
    Layak tonton ga nih, atau tunggu di rileks aja ya,.😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: