Antara Menang dan Kalah

Kali ini saya ingin menyorot sisi lain dari kemenangan Barack Obama sebagai presiden AS ke 44, dan kekalahan John McCain. Seperti yang diketahui, Obama memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat yang diselenggarakan 4 November 2008 kemarin. Canggihnya, hanya berselang satu hari, keputusan final dari pemilu ini sudah dapat diumumkan.

Sisi lain dari pemilu ini adalah bentuk rupa web kampanye obama dan mccain pasca terpilihnya obama menjadi presiden AS.

Kita lihat dari situs Barack Obama: http://www.barackobama.com

obama

Di sini terlihat kesan “Menang”. Dilihat dari foto Obama dan Biden dan kombinasinya dengan latar belakang serta tulisan “Thank You” dan “Change can happen”. Seperti yang kita ketahui “Change” adalah seperti kata kunci visi dan misi dari Obama.

Dan jika kita lihat dari situs John McCain: http://www.johnmccain.com

mccain

Terlihat kesan “Kalah”. Entah mengapa pemakaian warna background pada halaman utama McCain terkesan suram. Kesan “kalah” menonjol saat kita melihat konten dari halaman utama situs ini: “Remarks from Senator John McCain”. Konten ini berisikan pidato McCain pasca kemenangan Obama. Selanjutnya bisa dibaca di sini. Pada saat post ini ditulis, ternyata halaman utama dari situs ini telah kembali ke halaman utama awal.

Ngomong-ngomong situs kampanye, satu lagi pembelajaran yang bisa dipetik dari pemilu Amerika Serikat, yang bisa ditiru oleh pemilu 2009 adalah pemakaian internet sebagai media kampanye. Dari beberapa orang yang mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2009 terlihat sudah melakukan hal ini. Situs pribadi [atau situs kampanye?] sudah dibuat, lalu capres-capres ini “bergaul” di facebook, myspace, orkut, dan social community network (SCN) lainnya. SCN sendiri biasanya digunakan oleh kalangan muda, sehingga secara tidak langsung, berkampanye di internet, khususnya di SCN dapat menggaet hati para kalangan muda.

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

3 Responses to Antara Menang dan Kalah

  1. dwinanto says:

    Semoga kata “change” yang selalu menjadi visi besar Obama dapat benar-benar terwujud,.🙂

  2. ray rizaldy says:

    emang sebelumnya gak gitu ya paw?
    *gak pernah liat2 situs2 itu sih😛

  3. Brahmasta says:

    Kalo dari yang gw baca di koran hari ini.. Si Obama dapat bantuan Eric Schmidt buat kampanyenya di web. Jadi makanya dia punya ‘insight’ yang bagus buat promosi. Heheh.. CMIIW.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: