Cara Belajar

Hmm.. Setelah lebih dari tiga tahun gw merasakan asam manis perkuliahan dan khususnya ujian, kali ini gw mau share beberapa kategori cara belajar dan plus minusnya. Bukan berarti gw yang super pintar atau bagaimana, tapi cara-cara belajar ini adalah pengalaman pribadi gw, jadi kalo pengkategoriannya ga sesuai sama pendapat kalian, jadi maafkan saya saja okeh😛

Ok, langsung saja, cara belajar bisa dikategorikan berdasarkan tempat dan situasi, antara lain:

  • Cara ideal: Belajar di meja belajar
    Cara belajar ini dirasakan sebagai cara belajar yang efektif. Karena posisi duduk di kursi dengan meja belajar tanpa gangguan alat-alat elektronik maupun gangguan orang lain membuat cara belajar ini efektif. Kita bisa fokus terhadap apa yang kita pelajari. Materi kuliah afalan dan pemahaman dirasa dapat ditangkap dengan baik dengan cara belajar seperti ini. Lebih idealnya lagi, menurut gw, saat belajar untuk ujian yang banyak afalan dan pemahaman, kita tinggal baca slide atau bukunya, lalu membuat ringkasan materi-materinya. Bisa berbentuk catatan biasa, atau mind map [Akhirnya gw nyoba mind map, dan terasa lebih gampang ngafalnya :D]. Lagipula dari segi ekonomi, belajar di meja belajar di kamar sendiri tidak akan mengeluarkan uang yang signifikan, paling bantar hanyalah membeli makanan camilan atau minuman semacam kopi agar tidak ngantuk. Namun kekurangannya adalah biasanya cara belajar ini tidak cocok untuk orang yang bosenan😛
  • Cara belajar geeky: Belajar di depan komputer/laptop
    Cara belajar ini cukup efektif bagi orang-orang yang bisa memfokuskan dirinya untuk belajar. Mengapa? Karena seperti yang kita ketahui, komputer mempunyai sifat seperti 2 sisi mata koin yang berlawanan. Di satu sisi kita bisa melihat slide-slide pdf atau ppt pada layar komputer kita.
    Namun jika kita lihat desktop kita, ada icon-icon yang mengundang selera, sebut saja PES2009, FM2009, NFS Undercover, Fallout 3, dan lain-lain. Atau bagi para pecinta serial dan film, tentunya hari selasa dan rabu adalah hari terindah dalam satu minggu karena serial semacam Heroes, Prison Break, Chuck, Gossip Girl, The Big Bang Theory muncul di rileks maupun di internet.
    Cara belajar ini cocok untuk mata kuliah yang membutuhkan komputer untuk belajar [ya iyalah], contohnya kuliah programming, atau kuliah-kuliah yang mempunyai slide seabrek-abrek [Sebut saja RPL, SI, orkom, dan lain-lain].
    Cara belajar di depan komputer sangat tidak dianjurkan jika kita tidak bisa mengontrol diri. Apalagi kalo komputer kita online ke internet dan kita internet addict! Atau let’s say raja chatting😛. Pasti sebelum bisa fokus belajar, kita buka YM, Gtalk, MSN, lalu buka browser internet, buka facebook, blog, sedikit blogwalking, buka email1, email 2, email 3, buka webmail if, balas email 1, email 2, lalu buka tumblr, plurk, dan segala macem aktivitas internet sehari-hari.
    Kelebihan belajar di depan komputer, kalo bingung bisa nanya ke google ato YM-in orang, kalo belajar programming bisa langsung praktek pula.
  • Cara belajar pemalas dan tukang tidur: Belajar di atas kasur
    Cara belajar ini biasanya dilakukan kalo udah males menghafal slide-slide yang udah diprint banyak tapi ga afal-afal juga. Akhirnya mencari posisi yang enak, dan berakhir di atas kasur. Membaca slide atau buku teks sambil duduk di kasur, lalu berubah menjadi posisi tidur, dan pada akhirnya tidak sedikit yang berakhir dengan ketiduran :))
    Belajar di atas kasur kadang efektif untuk beberapa saat tertentu, karena menjadi posisi refreshing karena penat belajar di meja belajar. Tapi tidak disarankan untuk berlama-lama di atas kasur, hehe..
  • Cara belajar sambil begaul: Belajar di cafe
    Ada kalanya saat merasa “bosan” belajar di kosan. Oleh karena itu dipilihlah cafe untuk menjadi tempat belajar. Suasana cozy dari cafe bisa membuat semangat belajar tersendiri. Cafe semacam ngopi doeloe, potluck, prefere, ataupun cafe-cafe di dago pakar biasanya menjadi tempat belajar yang cozy. Biasanya belajar kelompok diadakan di cafe membuat suasana diskusi menjadi lebih enak, karena ditemani secangkir cappuccino ataupun mocha latte, namun kelemahannya adalah saat kita belajar bareng orang-orang yang “bawel”. Karena pada akhirnya bakalan kebanyakan ngobrol sambil ngopi daripada belajarnya. Hahahaha…
    Kelemahan mendasar dari belajar di cafe adalah: butuh uang dan memakan waktu untuk transport dari rumah/kosan ke cafe.
  • Cara belajar sehat: Belajar sambil makan
    Mirip dengan cafe, bedanya adalah tempat belajarnya adalah di restoran. Kala itu pernah gw belajar untuk UTS di congo, dago pakar. Walhasil setelah makan siang sore, yang ada malah ngobrol panjang lebar sama yang lain dan itu bahan ujian terlantar di meja dengan indahnya. Hahaha… Tidak dianjurkan belajar sambil makan di restoran, karena setelah fokus kepada makanan dan minuman yang dipesan, biasanya keadaan perut kenyang, dan kalau dilanjutkan belajar pasti mengantuk, dan ends up mengobrol panjang lebar. Tentunya bukan mengobrol berdiskusi tentang materi ujian😛
  • Cara belajar niat: Menyantroni kosan teman dan belajar bersama di sana
    Hal ini dilakukan jikalau kita tidak ngerti-ngerti saat belajar sendiri. Atau juga kalo kita belajar sendiri, yang ada ngantuk dan tidur. Kelebihan cara belajar ini adalah kita bisa berdiskusi sama teman untuk hal-hal yang kita tidak mengerti. Belajar bersama di kosan teman atau kosan sendiri cukup efektif untuk jumlah orang kurang dari 5 orang. Kalo udah lebih dari 5 orang, yang ada malah hectic. Mengajarkan orang lain adalah cara belajar yang paling efektif menurut gw, karena dengan makin kita ngajarin orang, kita makin ngerti apa yang kita pelajari.
  • Cara belajar canggih: Conference YM
    Cara belajar ini baru ada saat IF angkatan 2005 akan UTS pas semester 5. Waktu itu UTS SI ato OS gitu, lupa. Nah karena kuliah yang akan diujikan punya materi yang super duper banyak, maka diadakan conference untuk membahas materi-materi. Lalu ada satu orang yang bertindak meringkas materi dan hasil diskusi. Kelebihannya adalah cara belajar ini bisa menjadi ajang berdiskusi dan saling mengajarkan. Kekurangannya adalah, karena conference YM terdiri dari banyak orang, maka kalo udah ga ngikutin perbincangan sedikit, maka akan tertinggal banyak. Biasanya orang-orang tinggal menunggu resume conference dibagikan saat conference selesai. Conference YM juga memakan waktu cukup lama, 3-4 jam.

Baru segini yang kepikiran, mungkin nanti bisa ditambahkan lagi. Hehe..

Jadi cara belajar mana yang paling pas buat kamu?

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

17 Responses to Cara Belajar

  1. Nina says:

    materi bisa masuk kalo otak lagi dalam keadaan tenang. jadi mau sambil tidur- tiduran, kalau otaknya lagi ga fokus belajar (karena fokusnya tidur, hihihihih) tetep aja ga akan masuk.

    tau ga, katanya paling efektif materi bisa masuk itu kalo lagi (sori) boker di kamar mandi loooohhh…

    makanya ada dosen nyaranin anak2 SR buat cari inspirasi ketika lagi ngamar mandi.dan ternyata manjur.hihihihihihi

  2. GinchanBaruMuncul says:

    Sayah SKS selaluh..

  3. ghifar says:

    Ada 1 lagi kekurangan Cara Belajar Canggih. Itu terjadi kalo Nanto ikutan conference. Materi pelajaran yang didiskusiin bakal banyak kecampur2 dengan SPAM, sampe2 terjadi tindakan anarkis dengan cara saling tendang (kick si A, kick!, kick si B, kick !, kick si C kick, kick!) peace To.. :p

    Btw, buat gw, cara apapun bakal efektif kalo gw dah ‘jatuh cinta’ sama ilmunya🙂

  4. yola says:

    belajar tuch..yang penting kesadaran and keseriusan kalu sambil belajar tetep mikirin doi ya gak bisa lah,,,,,,,,,,eits ini menurut gw za ya….

  5. -iQbaL- says:

    cara belajar geeky yang game komputer, jelas cuma orang tajir banget yang bisa beli game2 yang lo sebut dan ada di satu komputer, atau jelas isinya pasti game bajakan.. lol

  6. irfanhanif says:

    Eh,, bwt belajar geeky, bwt gw ada icon game didesktop malah ngebantu, apalagi yang bentuknya kotak ada tulisan 09-nya.. Gw jadi bisa ga tidur sampai jam 4an. Hahaha.

    Kan byk loadingnya, jadi bisa sambil baca bahan yang udah difotocopy.
    Hasilnya…. Gw bisa dapet hampir setengah musim.😀

  7. Zee says:

    thanks bro, ur information is useful 4 me..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: