Uneg-Uneg Tentang Pemilu

Bagus! Gw ga terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) pemilu legislatif tahun ini. Dan (sedikit) keinginan gw untuk golput menjadi halal. Hehe…

Ada banyak uneg-uneg yang ada di kepala gw tentang pemilu legislatif kali ini, mulai dari DPT yang ga mutakhir, partai yang seabrek abrek, dan caleg yang lebih seabrek abrek lagi. Namun kali ini gw mau membahas sebuah uneg-uneg lain, bisa dibilang usul, tentang bagaimana cara sosialisasi caleg untuk pemilu berikutnya [jika sistem contreng caleg masih dipakai].

Portal caleg terpusat. Mungkin itu kira-kira nama yang bisa menggambarkan uneg-uneg gw. Jadi gw punya bayangan, “coba ada sebuah portal internet yang mencakup informasi tentang semua caleg dari tingkat DPRD II, DPRD I dan DPR dari semua partai dan dari semua daerah pemilihan (dapil) di Indonesia, serta semua calon anggota DPD dari semua daerah tingkat I di Indonesia?”.

Dari ide ini bisa dibayangkan user dapat mencari mulai dari foto caleg, visi misi caleg, CV (agar bisa melihat track record dan sejarah hidup dari sang caleg), bisa juga dimasukkan link facebook, blog feed dari sang caleg, link ke URL nya, mungkin juga pada portal itu disediakan fasilitas blog, sehingga sang caleg bisa ngeblog di sana.

Dan kesemua fitur-fitur utama di atas punya satu tujuan: Mengenali lebih dalam sang caleg. Para pemilih juga bisa mengetahui caleg mana yang pantas, secara cerdas, untuk dipilih. Yang sekarang terjadi adalah, syukur-syukur kita tau visi misinya, di baligo-baligo besar yang mengkampanyekan caleg hanya berisikan foto dan nama serta nomor dan lambang partainya.

Lain lagi jika sang caleg adalah saudara dari artis A, pasti artis A itu dipampang juga di baligonya. Malah ada foto Obama di baligo kampanye caleg. Hehehehe…

Mungkin uneg-uneg lainnya adalah dengan menggunakan sistem IT terpusat untuk pemilihan, sehingga bisa diterapkan paperless election (wow, pasti ini masih lama bisa diimplementasiin di negara kita ini)😛. Tapi mungkin ide pembuatan portal informasi caleg terpusat ini dapat dibilang feasible, ya resiko terbesar sepertinya di penanganan data dan konten yang banyak dan keamanan dari sistem😛

Karena semakin hari orang semakin haus informasi, dan cara mendapatkan informasi yang mudah dan cukup murah (semoga cost untuk akses internet makin murah) adalah Internet.😀

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

8 Responses to Uneg-Uneg Tentang Pemilu

  1. joel says:

    apa kita bikin aja paw ? keknya ide bisnis yang menarik nih.. hehehe.. ke depannya bakal ada pemilu2 lain soalnya.. mulai dari pilkada bupati ampe gubernur…

  2. dwinanto says:

    Tampaknya bagi pihak yang baru pertama kali berpartisipasi dalam ajang pemilu ini akan mengalami sedikit kebingungan,.😀

    Apalagi dengan berbagai kasus, mulai dari DPT sampai simpang siur soal undangan,.😀

    • paw says:

      justru, daripada bingung-bingung, lebih baik mencari tahu caleg yang bisa dia pilih via portal informasi ini to, daripada hanya melihat foto di baligo yang gede-gede, tapi informasi dari baligo-baligo itu terasa kurang tersampaikan, ya ga sih?

      iya ni, DPT adalah suatu kegagalan dalam pemilu tahun ini <_<

  3. ray rizaldy says:

    wah padahal gits baru mw berencana bikin. hahahaha

  4. mira says:

    ikutan ya???
    sebenernya kalo untuk nama-nama para caleg kemaren dari setiap dapil itu ada di http://www.calegindonesia.com/
    tapi setelah gw coba buka cv atau foto mereka, tampaknya para caleg itu terlalu malas untuk memberikan riwayat hidupnya karena sibuk kampanye atau karena takut ketauan belangnya, padahal menurut gw itu juga termasuk salah satu cara buat promosi dirinya biar jadi caleg, dunno….

    yang pasti setelah gw ubek-ubek tu website, dari sekian ratus caleg dari 44 partai yang ngasih cv+foto di web itu ga lebih dari 30 orang….
    jadi klo mw invest di bidang itu kayanya bakal untung gede niy…

  5. reiSHA says:

    Ntar ajak2 ya… (lho?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: