Penyembunyian Pesan pada Citra GIF Menggunakan Metode Adaptif

Setelah berjibaku mulai Desember tahun lalu, ini lah abstraksi dari tugas akhir yang saya buat, ada perangkat lunaknya juga lho😀

Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari teknik dan cara penyembunyian pesan rahasia ke dalam suatu media sedemikian rupa sehingga pihak ketiga tidak dapat melihat dan menyadari keberadaan pesan rahasia tersebut. Tugas Akhir ini membahas studi mengenai bagaimana steganografi pada media citra digital.

Citra digital yang digunakan adalah citra berformat GIF. Citra GIF adalah salah satu format citra yang banyak digunakan dewasa ini. Steganografi pada citra GIF memiliki dua buah jenis metode, yaitu metode non adaptif, dan metode adaptif. Metode adaptif adalah salah satu metode steganografi, dimana pada proses penyisipan pesan, metode ini mengkorelasikan modifikasi nilai piksel sesuai konten pada citra. Sehingga perubahan kualitas citra yang terjadi setelah proses penyisipan tidak signifikan.

Terdapat juga sebuah perangkat lunak yang dihasilkan, yang memiliki fungsi utama untuk melakukan steganografi pada citra GIF menggunakan metode adaptif. Perangkat lunak menggunakan kunci yang dibangkitkan oleh pembangkit bilangan acak semu, yang digunakan pada proses penyisipan dan ekstraksi pesan.

Sekarang tinggal berlibur dan menunggu lebaran tiba, hehe..🙂

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

8 Responses to Penyembunyian Pesan pada Citra GIF Menggunakan Metode Adaptif

  1. petra says:

    kayaknya masih kepanjangan😛

  2. paw says:

    @ pebbie:
    karena format GIF mempunyai ukuran yang cukup kecil dengan warna yang terbatas sehingga dibutuhkan untuk gambar2 yang tertentu pula, contohnya logo ataupun ilustrasi. Dan karena hanya berbentuk logo atau ilustrasi biasa, bukan format bmp (dimana banyak steganografi diimplementasikan pada format ini), citra GIF secara psikologis jarang dilirik oleh para eavesdroppers karena kemampuan kapasitas warna yang hanya 256, memperkecil kemungkinan adanya pesan di dalamnya. Ini hasil pemikiran diri sendiri sih, hehehe…

  3. moty says:

    nama aplikasina ap boss,
    boleh minta link downloadna ga..

  4. Edo Guardo says:

    Wah..kayagnya bagus banget.bisa dikembangkan itu…Boleh minta lengkap referensinya beserta perangkat lunaknya buat tugas akhir saya.trims

  5. abdul says:

    gan bisa kasih penjelasan kagak mengenai judul yang agan. gak lebih detail…. kalau bisa kirim ke alamat ini : abdullah87yach@yahoo.com ditunggu ya….

    dan software yang digunakan untuk membuat aplikasi ini menggunakan aplikasi apa?

  6. agus says:

    bisa minta ga referensi lengkap tentaang metode adaptifnya ga???sxan softnya,,hee

    lgi butuh bgt,,,alne sya juga bhas metode adaptif,,,

    kalo bs kirim ke aa.ponk@gmail.com ya

  7. agus says:

    boleh minta refrensinya ga???lo bs ma softnya ,hee..

    saya jg lgi buat TA tentang metode adaptif ini,,,tolo bantu ya,,hee

    lo bissa kirim ke email :

    aa.ponk@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: