Mencoba BBScreenStream

Hello again,

pada malam yang dingin ini saya mencoba mencari tahu apakah ada tools untuk video screen capture pada handheld blackberry, seperti video tutorial online yang mengcapture screen dari layar komputer. Dan ternyata saya menemukannya: BBScreenStream. Aplikasi ini akan merekam kegiatan di layar blackberry kita dalam bentuk video. Saya melakukan ini, sukur-sukur kesampaian untuk bisa mempublish posting2 tentang how-to dan panduan pemakaian blackberry untuk pemula πŸ˜›

Tools ini cukup unik, sebenarnya aplikasi ini adalah aplikasi komputer, aplikasi windows tepatnya. Namun aplikasi ini merekam layar blackberry kita. Caranya? Gampang, tinggal menghubungkan saja blackberry kita ke komputer menggunakan kabel usb bawaan. Lalu BBScreenStream akan streaming layar blackberry dan kita bisa merekamnya, dalam berbagai macam bentuk format file (.mp4, atau .avi).

Ini adalah salah satu contoh hasil video capture, ceritanya saya ingin mengepost sesuatu ke plurk saya:

Satu kendala besar, saya belum menemukan cara untuk merekam video plus audionya sekaligus, jadi video demo ini masih tak ubahnya film bisu πŸ˜›

Harus diperhatikan juga bahwa terdapat delay time dan sedikit lag, sehingga pada video ini beberapa kali terjadi typo, karena tingkat responsnya menjadi rendah.

Semoga ke depannya saya bisa menuliskan dan merekam beberapa panduan2 awal bagi pengguna blackberry. Saya bukanl expert di bidang ini, tapi hanya ingin mencoba untuk berbagi πŸ™‚

Advertisements

Nyobain Cooliris Photos Wall

Kata Siapa Nge-Blog dari HP Ga Enak?

Yak, kata siapa ngeblog dari hp (dalam hal ini hp dengan keyboard qwerty dan dilengkapi aplikasi wordpress yah :p) ga enak? Enak-enak aja tuh, kita bisa menulis kapan pun kita mau. Ga perlu cape-cape bawa laptop kemana saja, misalkan lagi iseng nunggu ga ada kerjaan, lalu punya ide untuk nulis blog, langsung saja dituangkan di handphone kita. Karena memang trendnya sekarang handphone yg kita punya tidak sekedar bisa untuk menelepon dan ditelepon saja.

Dalam hal ini handphone yg diperbincangkan adalah blackberry (bukan blackbeny atau blueberry :p). Smartphone ini punya fitur internet unlimited untuk yg berlangganan, dan juga wordpress sudah dan sedang mengembangkan aplikasi wordpressnya, sehingga kita bisa mengkases blog wordpress kita dari telepon genggam. Mudah dan praktis bukan? Memang kalau belum biasa mengetik di handphone dengan full qwerty keyboard, mengetik menjadi sulit. Tapi seakan berjalannya waktu, kecepatan mengetik pun akan bertambah. Kedua ibu jari kita akan makin lihai menekan tuts2 keyboard di handphone kita.

Penasaran? Silakan dicoba πŸ˜‰

*written from wordpress for blackberry :P*

Embel-Embel Bimbel Bikin Bebel Jadi Bandel

Sudah lama saya tidak pernah update lagi blog ini, nah sekarang pas lagi ada waktu dan lagi ada kemauan dan opini yang disampaikan, jadi lah post ini. Pertama-tama maaf kalau judulnya terkesan kasar atau ada yg tidak berkenan, judu post ini dipilih hanya karena terbersit judul yang mempunyai rima πŸ˜›

Melihat adik dan sepupu saya yang sekarang berada di kelas XII SMA, teringat kembali masa-masa saat saya berada di posisi yang sama: kelas XII SMA. Kelas XII SMA adalah masa dimana hampir semua siswa menjadi lebih serius belajar, mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian, demi dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada yang mempersiapkan USM ITB, UM UGM, SIMAK-UI, SNMPTN (dulu SPMB), dan lain-lain.

Dalam rangka mempersiapkan diri, banyak siswa, atau bisa dibilang hampir semua siswa mengikuti bimbingan belajar, di samping pendidikan formal di sekolah. Bimbingan belajar dewasa ini makin menjadi “trend” bagi para siswa yang mau masuk ke perguruan tinggi. Ada yang makin berani memasang program jaminan, siswa yang mengikuti program jaminan tersebut dijamin lolos ujian seleksi (biasanya SNMPTN), kalau tidak lolos, maka uang jaminan tersebut dikembalikan.

Tren ini disikapi secara bermacam-macam oleh berbagai pihak, ada sekolah yang menggandeng pihak bimbingan belajar, agar siswa dapat mengikuti langsung bimbingan belajar di sekolah, seperti pendalaman materi. Yang pasti, atau hampir pasti, kebanyakan siswa sudah dapat dipastikan saat naik ke kelas XII, hal yang dicari selanjutnya adalah bimbingan belajar.

Kembali ke pengamatan saya terhadap adik dan sepupu saya, terlihat bahwa mereka sangat serius, mungkin sampai hampir stress, mengerjakan latihan soal. Pergi ke toko buku untuk membeli buku-buku latihan soal. Sebagai informasi, adik dan sepupu saya juga sedang mengikuti bimbingan belajar untuk persiapan ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Kalau dulu saya menganggap bahwa bimbingan belajar dapat membantu saya mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian seleski masuk, jadi 1 bimbel saja cukup, tapi sekarang saya baru tahu bahwa banyak siswa yang sampai mengikuti lebih dari 1 bimbel. Maksudnya di sini lebih dari 1 bimbel dengan field yang sama, kan memang ada yang mengikuti bimbel untuk pelajaran IPA, ditambah bimbel untuk gambar, contohnya untuk siswa-siswa yang ingin masuk seni rupa atau arsitektur.

“Gila, satu aja ga cukup?”, pikir saya. Apa memang faktor kepercayaan diri kita yang kurang sehingga “the more bimbel we take, the more confident we have”. Atau benar-benar tren bimbel ini sudah menjerumus pemikiran siswa-siswa bahwa “lo ga bakal sukses kalo lo ga ikut bimbel kita”, sampai ada siswa yang mengikuti lebih dari 1 bimbel?

Bahkan adik saya sempat bertanya, “bimbel B bagus ga?”.

Saya menjawab, “waduh, ga tau deh, emangnya kenapa? kan kamu udah ikut bimbel A?”

Adik saya berkata, “hoo.. soalnya bimbel A ini persiapan untuk ujian X kurang, terlalu Y minded. Kayaknya bimbel B lebih fokus ke sana…”

Waduh, saya jadi bingung menyikapinya. Saya mengerti dan pernah merasakan pula, bahwa kelas XII di bulan-bulan ini memang saatnya stress mulai memuncak, hal yang baru, semua orang jadi rajin ke mesjid sekolah saya dulu. Istirahat datang ke mesjid shalat dhuha. Saat siang datang ke mesjid, menunggu azan zuhur, lalu langsung shalat zuhur.

Tidak salah memang kalau kita mengambil lebih dari 1 bimbel, in order to make ourselves be more confident to face the test, why not?

Now it’s time for the student to strive to the best, so that they can achieve the dream that they have dreamed about.

Go get your dream, bro πŸ™‚

Happy New Year 2010!

Well, goodbye 2009, and welcome 2010!

Happy new year 2010! Semoga kita dapat sukses di tahun ini πŸ™‚