Mau Infrastruktur dan Kualitas Kebersihan Daerah Cepat Berkembang? Ada Caranya..

OK, pertama-tama, ini bukan artikel pembangunan atau artikel serius. Tapi hanya murni opini dan pemikiran pribadi saja.

Begini ceritanya, tiba-tiba malam ini terbersitlah wacana di kepala saya, bagaimana caranya daerah-daerah di Indonesia bisa tumbuh secara cepat di bidang infrastruktur dan kebersihan. Seperti yang kita ketahui pembangunan daerah di Indonesia terpusat di Jakarta, lalu baru di medio pasca orde baru semua hal di desentralisasi. Namun mengejar ketinggalan pembangunan di daerah-daerah bukanlah hal yang mudah ditangani dan tidak bisa selesai dalam waktu yg cepat. Sedangkan di lain sisi, Jakarta sebagai pusat pemerintahan, perekonomian, dan segala hal lainnya, tetap terus mengembangkan dan membangun infrastrukturnya. Banyak proyek-proyek di Jakarta dijadikan contoh oleh daerah lain, seperti contohnya TransJakarta. Setelah busway jakarta berjalan, Jogja dan Bandung juga mengimplementasikan moda transportasi yang serupa (tapi tak sama).

Kita juga tahu bahwa bagaimana tradisi perlakuan masyarakat kita menyambut tamu agung, tamu kehormatan yang ditunggu-tunggu. Dalam hal ini mulai dari pak RT, kepala suku, pak Lurah, artis, kyai, sampai menteri dan presiden, kalau mereka bertamu ke rumah kita, tentunya kita mempersiapkan penyambutan yang terbaik. Perabotan di rumah dirapikan, lantai dibersihkan, diberi wewangian, pintu rusak diganti, dinding retak diaci kembali dan dicat ulang, sehingga terlihat ciamik.

Makin tinggi jabatannya, atau makin agung tamunya, maka makin getol persiapan yang dilakukan sang tuan rumah. Dan dalam skala daerah di Indonesia, jabatan tertinggi adalah PRESIDEN.

OK, sudah dapat idenya?

Ide gila yang saya pikirkan dan saya tuangkan di post ini adalah, jika kita mau daerah-daerah di Indonesia berkembang dari segi infrastruktur dan kebersihan terjaga, datangkan presiden ke daerah itu. Presiden harus datang ke setiap RT di Indonesia, kalau bisa rutin didatangi, sehingga presiden dapat melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana pembangunan di daerah itu.

Contoh nyata, kita mengingat kembali ke tahun 2005, saat acara 50 tahun KAA diselenggarakan di Bandung. Bandung bersih seketika. Kawasan kumuh tak bertuan disulap menjadi rapi. Trotoar menjadi manusiawi, penerangan jalan lebih ciamik. Banyak lah cerita lain yg bisa dijadikan contoh.

Kalau di tv ada acara bedah rumah yang bisa menyulap rumah menjadi ciamik dalam 12 jam yang tergolong sangat cepat, bisa-bisa di negeri ini ada acara bedah kota yg bisa menyulap kota menjadi ciamik dalam waktu yg sangat cepat.

Tidak percaya? Silakan coba jadi presiden lalu jalankan program kerja ini, mana ada pemimpin daerah yang mau “mempersembahkan” daerahnya kepada presiden dengan tampilan yg lusuh. Pasti dipermak😛

NB: Hati-hati presidennya bisa gempor wara-wiri ke semua RT di negeri tercinta kita ini, hehe..

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

6 Responses to Mau Infrastruktur dan Kualitas Kebersihan Daerah Cepat Berkembang? Ada Caranya..

  1. Captain_kurO says:

    si presidennya mesti belajar Kage Bunshin dulu…

  2. ricong says:

    assa.
    bwahahaha mantap paw idenya, harusny masukin ke lomba2 pembangunan gitu pawa, pasti dapet ini. emang presidennya bakal sibuk bet sih, scara kota & kabupaten aja di indonesia ada 6000an, blm bawah2ny. bakal gempor mampus itu presiden hag2. tp emang cara tercepat ya kyk gini klo gw bilang
    wass.

    • paw says:

      hahaha.. iya ni cong, tau nih, tiba2 kepikiran aja, tapi mana ada presiden yg mau kayak begini, yakin gw super duper kecil kemungkinan presiden mau begini, haha

  3. irfan says:

    Biar ga gempor presidennya banyakin aja, 1 presiden bwt 5 rt kyknya pas tuh..😀

  4. reiSHA says:

    setuju paw. presiden mesti lewat di depan rumah awak ni, biar jalanannya langsung bagus😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: