Pakailah HELM Jika Naik Motor, Bukan PECI -__-

Malam ini saya menemukan satu rombongan konvoi motor sebuah majelis yang sepertinya mau bersama-sama pergi ke suatu acara di senayan. Ada beberapa hal yang sangat mengganggu saya, dan pengguna jalan, serta membahayakan si anggota konvoi itu.

OK sebenarnya bukan masalah untuk saya jika ada konvoi di jalanan, tapi mbok ya tetap santun dan menghargai pengguna jalan yg lain. Semua aturan lalu lintas harus tetap dipatuhi. Termasuk hal yg paling krusial: HELM. Gambar di atas cuma menjadi ilustrasi saja, ilustrasi konvoi motor dengan pengendara yang tidak menggunkan helm, namun menggunakan peci -___-

For God sake, peci ga bakal bisa mengamankan kepala kita dari benturan (literally and physically). Please put your helmets on people! Tolong selalu pakai helm kalau naik motor. Bukan apa-apa, ini demi keamanan berkendara mereka juga. Tidak ada yg tahu kapan musibah itu datang, tidak ada juga yang mau mengalami kecelakaan, apalagi kecelakaan berlalu lintas. Dan bila kecelakaan lalu lintas itu terjadi, dan kepala kita, yang cuma berbalutkan peci, terbentur sesuatu, mau bilang apa? “Cuma bisa ikhlas” ? Tidak sama sekali.

Benar-benar merugi pengendara yang tidak mengamankan kepalanya dengan helm. Mungkin helm mahal, tapi sadarkah kita, bahwa helm yang katanya mahal itu melindungi sesuatu yang lebih mahal?

Siapa yang bisa menakar berapa tingkat kemahalan sebuah batok kepala manusia yang di dalamnya ada sebongkah otak. Dan otak adalah salah satu organ vital manusia. Tidak usah ditakar dengan rupiah pun kita bisa tahu bahwa kepala adalah barang yg sangat mahal, sampai manusia tidak bisa menakar dalam rupiah atau dollar sekalipun.

Mungkin helm dirasa merepotkan, karena berat di kepala, dan kalau mau ngobrol jadi susah karena terhalang helm, atau alasan non sense lainnya. Lebih repot mana coba, pakai helm selalu, atau recovery dari resiko yg terjadi di kepala kalau terbentur. Memar ringan masih mending, tapi kalau sampai (amit-amit) pecah?

Bukan mau menakut-nakuti, tapi saya sendiri pernah diselamatkan oleh pemakaian helm. Suatu ketika 2 tahun lalu, saya mengalami kecelakaan motor, dan helm saya mencegah saya “mencium aspal”. Walhasil setelah kecelakaan itu, saya memang mengalami beberapa luka di lutut (ligamen robek) dan luka berdarah dan lecet di sikut kanan, tapi kepala saya? amaaan.. Saya bisa melihat dengan mata kepala saya sendiri kerikil2 aspal di jalanan. Kalau saya tidak pakai helm full face misalnya, pipi saya pasti sudah ga jelas bentuknya, sukur lecet, tapi kalo robek? ampun deh..

Jadi coba dipikirkan kembali. Sedia payung sebelum hujan, bisa diterapkan pada kasus pemakaian helm ini.

Pakailah selalu HELM bagi pengendara motor. Jangan cuma buat kerusuhan aja, kalo demo atau tawuran udah rusuh, baru deh helm berguna. Nonsense.

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

6 Responses to Pakailah HELM Jika Naik Motor, Bukan PECI -__-

  1. Latu says:

    Itulah juragan. Ga cm tuh orang2 berpeci, suporter juga. Pkknya klo udah banyakan, mereka serasa punya kuasa. It’s indonesian (doh)

  2. irfan says:

    Itu fotonya foto sendiri gan? Mantap ey.. Kualitas media cetak gitu.😀

  3. petra says:

    itu kalau mati langsung masuk sorga katanya

  4. giaferdi says:

    btw kalo di kuta ada aturan umum, orang2 yang pake ikat kepala khas bali atau pake kerudung ga wajib pake helm. ga tau emang ada aturan resminya atau ga, yang pasti sejauh yang saya liat polisi juga ga pernah negur atau nilang temen saya yang ga pake helm tapi berkerudung😛 jadinya aneh, kok kesannya aturan pake helm di sini cuma sekadar buat nutup kepala, bukan buat keamanan. heuheu…

  5. paw says:

    @petra: mari kita doakan seperti itu saja lah😀

    @giaferdi: ga ada yg tau deh peraturan seharusnya bagaimana, kita doakan saja yg naik motor ndak pake helm selalu dilindungi dari marabahaya😛

Leave a Reply

