Keluh Kesah Seorang Newbie

Akhir-akhir ini saya mencurahkan waktu luang saya untuk mencari bahan-bahan belajar untuk mendevelop aplikasi mobile. Saat ini seperti kita ketahui makin banyak pengguna smartphone, dan nowadays using mobile phone is beyond making or answering phone call. Makin banyak hal yang bisa dilakukan dengan telepon genggam kita, oleh karena itu karena saya juga sudah menyelam di lautan kode bidang informatika dan turunannya, saya pun tertarik untuk menyelami lebih ke palung bernama Mobile Application development.

Tujuan awal untuk menggenjot motivasi ini cuma satu: Bagaimana Saya Bisa Membuat Twitter Client. Saya mengakui saya tertarik dengan social media dan segala teman-temannya, bagaimana internet bisa membuat manusia berinteraksi dengan manusia lain, membuat jarak fisik menjadi lenyap dan digantikan jarak mata ke layar, layar ke mata. Saya gabungkan interest saya ini ke sebuah target yang akan saya capai.

Ada pepatah mengatakan, beda ladang beda pula belalangnya. Jika diterjemahkan ke konteks ini, beda operating system, beda pula arsitekturnya, beda pula komunitasnya. Walaupun berbeda-beda tetep satu jua, bhinneka tunggal ika. *lho*.

Sudah berbulan-bulan lamanya saya tidak makan saya tidak coding —  istilah yang tak asing lagi di lingkungan kami, yang kurang lebih berarti mengkodekan aplikasi menggunakan perkakas-perkakas sehingga aplikasi dapat dijalankan di komputer dan turunannya — Setelah itu saya juga belum pernah mengembangkan sebuah aplikasi yang berjalan di telepon genggam, juga saya belum pernah membuat twitter client. Tentunya saya butuh belajar.

Saya awali dengan membuat desktop based twitter client, menggunakan java, satu-satunya salah satu bahasa pemrograman yang mau tak mau saya gemari. Berhasil lah sebuah client cupu yang setidaknya bisa melihat timeline dan membuat tweet baru. Setelah itu saya mencoba mempelajari dulu bagaimana saya bisa membuat twitter client di dua OS: blackberry dan android. Mengapa? Pertama, saya pemakai blackberry. Dan kedua, saya mau punya handheld android. As simply as that. Haha

Saya mulai dulu membuat program HelloWorld di blackberry dan android, dan menyicipi beberapa modul tutorial awal, dari sini terlihat betapa sulitnya mencari bahan belajar membuat twitter client di blackberry, ketimbang di android. Ibarat kata, saya hanya membutuhkan satu query google untuk mendapatkan yang saya mau untuk android, sedangkan untuk blackberry, saya butuh sekitar lima keyword untuk mendapatkan yang saya mau, itu pun belum optimal.

Sekarang akhirnya saya coba mempelajari dulu untuk android, sukur-sukur prinsip yang saya pelajari bisa diterapkan untuk membuat aplikasinya di blackberry. Semoga berhasil😀

PS: ada yang pernah develop twitter client di BlackBerry? Ada website link yang bisa mencerahkan jalan saya yang redup? hehe

About Prasetyo Andy W.
Mobile technology, social media, and other awesomeness enthusiast. Tech savvy. Software engineer. In love with photography and travelling.

Leave a Reply

